Bumil Jangan Khawatir, Lakukan 8 Aktivitas Ini Saat Tunggu Proses Pembukaan

Bumil Jangan Khawatir, Lakukan 8 Aktivitas Ini Saat Tunggu Proses Pembukaan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Momen yang paling menegangkan saat kehamilan tentunya saat proses persalinan tiba. Setelah 9 bulan mengandung setiap Ibu Hamil (Bumil) pasti akan memasuki bulan melahirkan tersebut. Jadi, mempersiapkannya dengan matang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Pada saat itu, akan ada proses kontraksi atau pembukaan dari 1 hingga 10, yang masing-masing membutuhkan waktu lama. Apabila ibu hamil mengalami kontraksi sebaiknya Anda tetap tenang atau relaks. Apalagi bagi ibu muda yang pertama kali hamil, biasanya akan menunggu lama kontraksi itu sampai rentang waktu 5 hingga 10 jam, bahkan lebih.

Di sela waktu menunggu proses persalinan, sebaiknya ibu hamil melakukan beberapa aktivitas sederhana. Apakah itu?. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat persalinan menjadi lebih lancar dan agar memiliki tenaga yang lebih saat proses persalinan:

1. Pada pembukaan awal 1-3 mom tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Lakukan hal yang menyenangkan agar mom tetap berpikir positif dan bersikap tenang.

2. Perbanyak istirahat dan minum air putih yang cukup, hal ini dapat membantu mom terhindar dari dehidrasi.

3. Mandi dengan air hangat dapat membantu mom lebih tenang dan tentu saja hal ini dapat mempersiapkan proses persalinan.

4. Konsumsi minuman yang tinggi kalori, hal ini dapat membantu mom meningkatkan energi dan siap untuk proses persalinan.

5. Konsumsi camilan ringan, saat pembukaan proses pencernaan akan berjalan lamban maka pastikan mom mengonsumsi camilan yang dapat mengurangi mual seperti buah dan yoghurt.

6. Pilih posisi yang nyaman, sering berdiri juga akan membantu mom dalam proses persalinan.

7. Latih pernapasan sehingga saat proses persalinan berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang penting namun banyak dilupakan.

8. Mom dapat melakukan pemijatan pada bagian yang pegal sambil mendengarkan musik, pastikan mom tetap tenang saat mengalami kontraksi.

Nah, demikian 8 hal yang dapat Anda lakukan saat menunggu proses pembukaan. Selamat menunggu proses persalinan ya dan semoga lancar. (Vemale.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.