Bumil, Kenali 6 Penyebab Anda Susah Tidur

Avatar of PortalMadura.com
Bumil, Kenali 6 Penyebab Anda Susah Tidur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Insomnia atau gangguan tidur seringkali juga terjadi pada (Bumil). Sebagaimana menurut sebuah penelitian, bahwa lebih dari 80 persen wanita hamil mengalami gangguan tidur. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya faktor hormonal.

Selain akibat faktor hormon, salah satu penyebab wanita hamil mengalami insomnia adalah akibat pergerakan bayi di dalam perut. Pasalnya selama kehamilan, pergerakan bayi di dalam perut seringkali membuat wanita terbangun di malam hari dan sulit tidur kembali.

Berikut enam penyebab lainnya wanita hamil mengalami insomnia:

Cemas dan Stres
Kehamilan bisa menambah tingkat stress dan kecemasan. Tidak hanya itu, pikiran tentang persalinan juga bisa meningkatkan kecemasan dan mengakibatkan gangguan tidur selama trimester terakhir.

Kram pada Kaki
Kram kaki juga bisa menjadi masalah yang sering dialami wanita hamil. Umumnya mereka merasakan mulai trimester kedua. Kram kaki di malam hari bisa mengganggu tidur karena hal ini bisa membuat wanita hamil bangun tiba-tiba karena sensasi aneh di kaki.

Buang Air Kecil
Selama kehamilan, wanita sering mengalami masalah buang air kecil. Bila dorongan untuk buang air kecil terjadi di malam hari, hal ini membuat kualitas tidur Anda akan terpengaruh. Hal ini bahkan bisa menyebabkan insomnia. Masalah ini bisa memburuk pada trimester terakhir.

Bayi Semakin Membesar
Isu lain yang bisa membuat sulit tertidur adalah ukuran bayi. Akibat ukuran bayi yang semakin membesar, akan sulit menemukan posisi tidur ideal. Untuk mengatasinya, berkonsultasilah dengan dokter.

Mimpi Buruk
Beberapa wanita mungkin juga mengalami mimpi aneh yang bisa membangunkan mereka tiba-tiba di malam hari. Mimpi seperti itu bisa menyebabkan insomnia. Mimpi buruk bisa disebabkan oleh kegelisahan atau pemikiran tentang bayi, kesehatan bayi dan kekhawatiran lainnya bisa memicu mimpi buruk.

Makanan
Terkadang, bisa jadi makanan yang Anda makan menyebabkan insomnia selama kehamilan. Sebaiknya, Anda hindari minum kopi atau konsumsi maka mungkin Anda harus menghindarinya. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.