Bunda, Anak Remaja Anda Suka Memberontak? Hadapi dengan 10 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Anak Remaja Anda Suka Memberontak? Hadapi dengan 10 Cara Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat anak memasuki usia remaja, tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Mendidik anak di fase ini bukan perkara mudah. Sebab, tingkat emosi mereka cenderung tidak stabil.

Maka dari itu, diperlukan kepercayaan Anda dalam membangun hubungan dengan anak remaja Anda. Karena, remaja cenderung punya sifat memberontak akibat frustrasi yang menumpuk. Nah sebagai orang tua yang cerdas, Anda harus dapat menghadapi anak pemberontak dengan baik dan bijaksana.

Berikut sepuluh cara menghadapi remaja yang suka memberontak:

Jangan Berusaha Menjadi Teman
Kebanyakan remaja sering mencurahkan isi hatinya pada teman daripada orang tua. Sebab, mereka merasa teman sebaya lebih memahami perasaannya. Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya tidak berusaha keras menjadi teman anaknya. Lakukan saja tugas sebagai orang tua sebagaimana mestinya.

Rasional
Orang tua kerap berpikir bahwa anak perlu dihukum saat berbuat salah. Padahal, penting bagi orang tua untuk tetap bersikap rasional dan mengeluarkan kata-kata serta tindakan yang sesuai. Coba pahami kondisi mental anak berdasarkan sudut pandang lain agar tidak terkesan menghakimi remaja yang pemberontak.

Jangan Ragu
Jika Anda telah memutuskan suatu hukuman, jangan mengubah atau menambahkannya lagi. Tunjukkan sikap tegas pada anak yang suka memberontak. Sebab jika Anda kerap berubah pikiran, anak akan menganggap orang tuanya tidak pernah serius.

Biarkan Anak Berekspresi
Jangan terlalu mengekang anak. Sebab semakin dilarang, mereka justru ingin semakin melanggar. Biarkan anak berekspresi dan menyampaikan emosinya. Sebagai orang tua, Anda cukup menjadi pendengar dan mencoba untuk memahami masalah anak dari sudut pandang mereka.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.