oleh

Bunda, Ingin Rumah Anda Lebih Aman Bagi Si Balita? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini

PortalMadura.Com – Anak merupakan salah satu anugerah terindah dari Tuhan, sehingga menyaksikan tumbuh kembang si kecil menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Tidak heran, banyak dari mereka melakukan usaha ekstra untuk mengamankan anak dari berbagai macam bahaya.

Lantas, merasa rumah Anda sudah aman untuk si kecil? Coba perhatikan berberapa hal kecil yang ada di rumah Anda, dan pastikan Anda sudah menjalankannya.

Berikut tujuh cara sederhana bikin rumah Anda aman bagi si balita:

Mengunci Lemari atau Kabinet
Jangan biarkan lemari, rak atau kabinet Anda dapat dibuka dengan mudah oleh balita. Masalahnya, tidak hanya anak akan mengambil barang apa pun yang ada di dalamnya, melainkan lemari yang terbuka berisiko dipanjat anak untuk menggapai apa pun yang ada di atasnya. Kuncilah seluruh lemari dan kabinet serta pastikan kunci tidak menempel di lubang kuncinya.

Menjauhkan Benda Tajam
Beberapa benda tajam seperti cutter dan gunting adalah peralatan yang selalu Anda butuhkan. Sebaiknya, Anda tidak menyimpan benda tajam ini di lokasi terbuka, seperti atas meja atau di dapur. Masukan benda tajam ke dalam rak dan kunci rak tersebut sehingga tidak dapat digunakan oleh anak.

Jauhkan Guci atau Pot
Bila Anda menyukai koleksi guci atau pot, sebaiknya gunakan pot atau guci tersebut sebagai wadah sehingga cukup berat untuk didorong anak.

Guci yang dibiarkan kosong dan diletakkan begitu saja berisiko didorong anak dan menyebabkan guci akan jatuh dan menimpa tubuhnya.

Kunci Ruang Kerja
Bila Anda terbiasa meletakkan berkas kerja, laptop, ponsel, dan perlengkapan kerja lainnya di ruang kerja, selalu pastikan Anda menutup pintunya dan kuncilah saat Anda pergi.

Ruang kerja orang tua selalu menarik bagi anaknya, mereka akan memainkan laptop, dan seluruh kertas yang ada di dalam ruangan Anda.

Jauhkan Makanan Hewan
Simpan makanan hewan peliharaan di dalam lemari tertutup dan jauhkan dari jangkauan anak. Balita selalu tertarik untuk meniru berbagai hal yang dilihatnya, termasuk saat dia melihat hewan memakan-makanannya.

Jika Anda membiarkan makanan hewan tergeletak begitu saja, si kecil berisiko mengambil dan mencicipinya. Selain itu, selalu bersihkan wadah makanan hewan setelah selesai memberikan makan.

Tutup Stop Kontak
Jika stop kontak terletak di bagian bawah dinding, pastikan Anda sudah menutupnya sehingga tidak mudah dimainkan anak. Atau jika tidak ada tutupnya, pilihlah stop kontak yang harus diputar dahulu sebelum digunakan, sehingga tetap aman saat tidak digunakan.

Letakkan Mainan Anak di Laci Rendah
Simpan mainan si kecil di bagian paling rendah dari lemari Anda. Fungsinya agar anak tidak perlu memanjat atau menaiki tangga saat akan mengambil mainannya, sekaligus memudahkan Anda saat mengajaknya untuk membereskan mainannya. (liputan6.com/Salimah)