Bunda, Ini 3 Bahaya Berikan Air Putih Pada Bayi di Bawah 6 Bulan

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Ini 3 Bahaya Berikan Air Putih Pada Bayi di Bawah 6 Bulan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan pertama bagi . Bahkan bayi yang berumur 0-6 bulan sangat membutuhkan ASI eksklusif. Namun tidak menutup kemungkinan, di usia ini bayi juga diberi susu formula.

Ada banyak alasan seorang ibu untuk memberikan susu formula pada bayi usia 0-6 bulan. Saat ini yang banyak salah kaprah adalah meminumkan pada bayi di bawah 6 bulan. Karena ternyata, air putih memiliki risiko tinggi. Seperti:

1. Bayi akan mengalami gizi buruk. Bayi yang disusui dengan ASI ekslusif meminum air putih, dia bisa berhenti menyusu sebelum waktunya dan hal ini bisa menyebabkan kekurangan gizi. ASI di Ibu pun produksinya semakin berkurang.

2. Bayi akan berisiko diare. Hal ini bisa jadi air tidak steril. Meskipun berniat memberikan air putih dalam kemasan, pastikan untuk memasak ulang air dengan suhu minimal 70 derajat celsius.

3. Bayi akan berisiko keracunan air. Meminum terlalu banyak air putih dapat menyebabkan bayi keracunan air yaitu kondisi ketika kadar garam dalam darah turun drastis ke level yang terlalu rendah sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit.

Meskipun memberikan air putih saat usia bayi di bawah 6 bulan tidak diperkenankan ada beberapa kondisi bayi boleh diberikan air putih. Ketika cuaca panas, tidak ada masalah jika memberikan tambahan air saat menyedu susu formula.

Saat bayi mengalami flu berat, hal ini membantu bayi terhindar dari dehidrasi. Saat bayi sudah berusia 6 bulan, mom sudah boleh boleh mulai memberikan air putih tapi ingat jangan berlebihan.

Tidak semua minuman cocok untuk bayi, maka pastikan apa yang bunda berikan untuk si kecil memang cocok dan seharusnya diberikan. Nah, demikian informasinya dan semoga bermanfaat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.