Bunda, Ini 4 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan di Rumah untuk Anak

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 4 Cara Ciptakan Suasana Menyenangkan di Rumah untuk Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya anak yang usianya telah bertambah atau mulai beranjak remaja, mereka akan sering melampiaskan banyak hal di luar rumah. Sebagai orang tua, tentu hal tersebut sedikit mengkhawatirkan mengingat pergaulan anak ‘jaman now’ takut terbawa hal-hal negatif yang tidak baik bagi masa depan mereka.

Oleh karena itu, tugas orang tua disini adalah menciptakan lingkungan aman, nyaman dan menyenangkan di rumah. Sebab bukan tidak mungkin anak akan menghadapi masalah yang menjadi beban tersendiri baginya. Dengan demikian, maka lingkungan rumahlah yang dapat menjadi penyejuk jiwa anak dengan menciptakan suasana rumah yang tenteram, damai sehingga membuat anak betah di rumah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan suasana menyenangkan di rumah.

Memberi Kesempatan Anak Bermain Bersama Teman Sebaya
Dengan membiarkan anak bergaul dengan teman sebaya yang berbeda agama, suku bangsa dan juga dengan anak penyandang disabilitas akan memberikan manfaat dapat belajar membangun kerja sama, menghargai perbedaan, membantu atau menerima bantuan dari teman serta dapat berempati pada kekurangan teman.

Mengajak Anak Membantu Pekerjaan Rumah Sesuai dengan Kemampuannya
Dengan membantu melakukan pekerjaan di rumah, anak akan merasa keberadaannya diakui, merasa berguna dan belajar bertanggung jawab. Yang terpenting, orang tua harus memastikan pekerjaan yang diberikan pada anak aman, menyenangkan dan sesuai dengan usia.

Misalnya anak usia remaja, untuk remaja laki-laki bisa ditugaskan mencuci kendaraan pribadi milik keluarga seperti motor atau mobil, sementara untuk remaja perempuan bisa ditugaskan membantu ibu masak di dapur atau membereskan ruangan serta merapikan pajangan yang ada di rumah.

Berkomunikasi Efektif dengan Anak
Berkomunikasi dengan anak remaja tentu harus punya cara sendiri, antara lain, jadilah pendengar yang baik saat anak berbicara atau bercerita. Berempatilah dalam mendengarkan saat anak berbicara.
Bacalah bahasa tubuh atau perilaku anak, dengarkan pendapat, pikiran dan ungkapan perasan anak. Tataplah anak dengan kasih sayang ketika berbicara. Gunakan ekspresi wajah atau bahasa tubuh yang sesuai agar anak bisa lebih mudah memahami.

Hindari gaya komunikasi yang membuat anak semakin menarik diri, seperti, memerintah, menyalahkan, memberi julukan negatif, meremehkan, membanding-bandingkan, mengancam, menggurui, membohongi, mengkritik, atau menyindir.

Ajaklah dengan kata positif dan melarang dengan alasan yang dipahami anak. Gunakan kata-kata motivasi seperti ‘ayo’, ‘bagus’, dan ‘mari’.

Kembangkan Literasi Keluarga dengan Mengenalkan Buku Pada Anak
Kenalkan anak pada literasi dasar dengan cara membangun kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, menulis dan berhitung berkaitan dengan kemampuan analisis untuk memperhitungkan, memproses informasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Ajak anak untuk menemukan ribuan informasi dari sebuah buku dengan cara mengunjungi perpustakaan sekolah, perpustakaan daerah, taman bacaan masyarakat, toko buku atau melalui pertukaran buku dengan sesama orang tua.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun suasana yang menyenangkan di rumah. Semoga bermanfaat. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.