oleh

Bunda, Ini 4 Manfaat Mengenal Teman-teman Anak Anda

PortalMadur.Com – Pergaulan anak akan bertambah luas saat sudah bersekolah. Sebenarnya hal ini baik untuk membangun karakter anak dan untuk bisa bersosialisasi dengan lingkungan. Namun bukan berarti orang tua lepas tangan begitu saja soal pergaulannya.

Sebagai orang tua sangat penting untuk mengenal teman-teman si kecil, terutama mereka yang mulai beraktivitas jauh dari rumah. Tidak hanya sekadar tahu nama teman-teman anak, Anda juga harus menjalin hubungan yang positif dengan teman-temannya.

Oleh karena itu berikut ini beberapa alasan kenapa orang tua perlu mengenal teman anak? Simak penjelasannya:

Mengenal Teman Anak Berarti Mengenal Anak Anda
Tidak bisa dipungkiri, pasti ada sisi lain dari anak yang tidak ditunjukkan pada orangtuanya. Bukan karena anak menyembunyikan sesuatu, namun karena anak memang lebih nyaman untuk membagikan ceritanya dengan anak seusianya.

Dengan mengenal teman anak, Anda pun jadi bisa mengenal anak secara lebih mendalam. Misalnya tontonan apa yang mereka sukai, klub sepak bola apa yang mereka dukung, dan kegiatan seperti apa yang mereka nikmati.

Lebih Mudah Memantau Pergaulan Anak
Dengan mengenal teman anak, Anda pun jadi lebih mudah menilai apakah pergaulan anak bersifat positif dan sehat. Jika anak bergaul dengan teman yang memberikan pengaruh negatif, Anda pun bisa melihat tanda-tandanya sejak dini.

Memercayai Anak
Kalau Anda tidak benar-benar mengenal dengan siapa saja anak berteman, mudah saja untuk merasa curiga ketika anak pamit pergi bersama teman-temannya.

Akan tetapi, kalau Anda sudah kenal dengan teman-temannya, Anak jadi lebih tenang karena sudah tahu kebiasaan mereka saat bermain dan di mana anak biasanya berada.

Anak pun jadi tidak merasa risih karena terus-terusan ditanyai sedang bersama siapa dan akan pulang jam berapa.

Menunjukkan Kepedulian Anda Terhadap Anak
Mengenal teman anak secara langsung merupakan salah satu jalan agar Anda bisa melibatkan diri dalam aspek kehidupan anak yang begitu penting, yaitu persahabatan. Jika tahu sebatas nama saja, Anda akan kesulitan ketika suatu hari anak curhat soal sahabatnya tersebut.

Sementara itu, jika Anda mengenal dekat teman anak, Anda pun bisa ikut memberikan saran dan nasihat yang dibutuhkan anak.
Tapi ingat, jangan terlalu ikut campur

Sekarang Anda sudah tahu manfaat mengenal teman anak. Yang penting juga untuk dipahami yaitu Anda harus tetap juga memahami batasan dalam mengenal teman-teman anak. Jangan sampai anak justru merasa Anda terlalu ikut campur dalam persahabatannya. Untuk itu, usahakan untuk tidak terlalu sering mengkritik teman-teman anak.

Jika memang ada hal-hal yang membuat Anda khawatir, berikan masukan yang membangun bagi anak.

Jangan langsung menyuruhnya menjauhi sahabat. Berikan juga keleluasaan pada anak untuk menghabiskan waktu bersama teman-temannya tanpa ditunggui orangtua.

Mulai sekarang tidak ada salahnya Anda mulai mengenal teman anak. (hellosehat.com/Desy)


Komentar