oleh

Bunda, Ini 5 Cara Mudah Ajarkan Anak Memasak Sejak Dini

PortalMadura.Com – Orangtua memiliki kewajiban untuk selalu mendidik anak-anaknya berbagai hal yang berdampak positif, salah satunya mengajarkan si kecil memasak. Hal ini, perlu orangtua terapkan sejak dini karena dapat memberikan banyak manfaat.

Selain itu, mengajarkan anak memasak dapat membangkitkan kecintaan terhadap makanan, bahkan membangun pola makan yang sehat. Akan tetapi, sedikit orangtua yang mau membiasakan anak memasak sejak dini.

Menurut studi dari Huffington Post UK, menyebutkan, lebih dari sepertiga pelajar di UK belum bisa merebus telur. Sebanyak delapan persen orangtua diketahui tidak pernah memasak bersama anak. Artinya, sebanyak 1,5 juta keluarga gagal memanfaatkan pembelajaran berharga dan momen untuk membangun kebersamaan dari dapur.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa orangtua lakukan untuk mengajari anak mereka memasak. Berikut lima langkah yang bisa Anda ikuti:

Buat Suasana Menyenangkan
Hal terpenting dalam berinteraksi dengan anak adalah kegiatan yang menyenangkan. Dunia anak adalah dunia bermain sambil belajar. Orang tua dapat mencari resep-resep menarik di internet.

Sebab, bentuk yang menarik dan beraneka warna akan membuat anak gembira. Kuncinya, jangan takut berantakan.

Sederhanakan Cara Memasak
Jangan memaksa anak menguasai teknik-teknik memasak yang sulit. Ajarkan cara memasak yang sederhana, kemudian bangun keterampilan mereka selangkah demi selangkah. Dengan begitu, mereka akan merasa berhasil dan tergugah untuk mencoba teknik yang lebih sulit.

Luangkan Waktu
Menjadi orang tua di abad 21 mungkin memang super sibuk. Tuntutan profesionalisme yang tinggi menyebabkan orang sulit menyeimbangkan kehidupan keluarga dan pekerjaan.

Padahal, memasak bersama anak merupakan kegiatan menyenangkan yang meringankan beban pikiran akibat tumpukan pekerjaan di kantor. Pastikan kegiatan memasak dilakukan di waktu luang, misalnya akhir pekan.

Kreatif
Mengikuti resep memang mudah. Tapi, yang paling asik dari memasak adalah menciptakan olahan Anda sendiri. Jangan takut membiarkan anak mencoba berbagai bahan dan bumbu. Cara ini efektif untuk memperkenalkan kombinasi bahan dan berbagai macam rasa kepada anak-anak.

Coba Berbagai Makanan
Anak-anak sering kali memilih-milih makanan. Sambil memasak, ajarkan manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan atau bahan tertentu. Dengan memperkenalkan hal ini sejak awal, anak tidak akan lagi takut atau malas makan.

Bunda, itulah lima cara mudah mengajarkan anak memasak sejak dini. Kegiatan ini, selain mendidik anak untuk bisa memasak sendiri juga mengajarkan kemandirian pada si kecil dikemudian hari. (republika.co.id/Salimah)