oleh

Bunda, Ini 5 Cara Tenangkan Bayi Usai Disuntik

PortalMadura.Com – Saat jadwal imunisasi sudah tiba untuk si buah hati, kadang orang tua jadi cemas sendiri. Ketika si kecil menjerit dan menangis saat disuntik, tentu rasanya orang tua seperti ikut merasakan sakitnya.

Akan tetapi, Anda juga perlu berusaha semaksimal mungkin untuk membuat bayi Anda tenang saat disuntik. Apalagi jika usia bayi masih di bawah lima bulan, ada beberapa hal yang harus dicoba orang tua untuk menenangkannya. Apa saja?.

Berikut lima cara menenangkan bayi setelah disuntik:

Bedung Tubuhnya
Anda bisa membedung tubuh bayi setelah disuntik. Balut tubuhnya dengan selimut atau kain selesai disuntik untuk menenangkan dirinya. Si kecil juga bisa dibedung terlebih dahulu sebelum disuntik dengan membiarkan area bagian tubuh yang akan disuntik untuk tetap terbuka.

Miringkan Tubuhnya
Setelah disuntik, Anda bisa memposisikan tubuh si kecil miring ke sisi kiri atau kanan. Anda juga bisa segera mendekapnya dengan menempelkan perut dan tubuh bagian depannya kepada Anda.

Buat Suara
Anda bisa melakukan shushing atau membuat white noise di dekat telinganya. Anda bisa membisikkan kata seperti, “Susss… susss… susss,” untuk meredakan tangisannya.

Ayun-ayunkan Tubuhnya
Selesai disuntik, Anda bisa langsung menggendong si kecil dan mengayun-ayunkan tubuhnya. Buat dirinya merasa senyaman mungkin agar tangisannya bisa segera reda.

Baca Juga: Bunda, Ini 8 Cara Atasi Anak yang Takut Disuntik

Bantu Bayi Mengisap Sesuatu
Bisa dengan langsung menyusuinya, bisa juga dengan memberinya botol atau empong. Bayi bisa merasa tenang kembali saat si kecil bisa mengisap sesuatu. Sehingga rasa sakit yang dirasakan setelah disuntik bisa segera reda.

Saat akan disuntik, Anda bisa mendudukkan si kecil di pangkuan Anda. Alihkan perhatiannya pada mainan atau nyanyikan lagu untuknya. Selain itu, Anda sebagai orang tua juga perlu berusaha agar tidak terlihat cemas atau takut supaya si kecil bisa lebih tenang. Sebab rasa cemas yang dirasakan orang tua bisa “menular” pada bayi dengan mudah.

Satu hal lagi yang bisa Anda lakukan setelah anak selesai disuntik adalah beri si kecil pujian atau kata-kata positif. Ciptakan atmosfer yang menyenangkan supaya si kecil bisa lebih tenang bila akan diimunisasi untuk jadwal berikutnya.


Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com

Komentar