Bunda, Ini 5 Hewan Peliharaan yang Aman Bagi Si Kecil

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Ini 5 Hewan Peliharaan yang Aman Bagi Si Kecil
Kadal

PortalMadura.Com – Anak yang mempunyai hewan peliharaan di rumah ternyata mempunyai empati dan tanggung jawab yang lebih besar daripada yang tidak. Sehingga sebagai orang tua bisa mengijinkan jika si kecil ingin mempunyai binatang peliharaan di rumah.

Namun, orang tua juga perlu memberi pemahaman pada anak mengenai hewan yang akan dipelihara. Misalnya keuntungan dan kerugiannya memelihara hawan tersebut. Apalagi bagi anak yang terkendala pada bulu binatang. Disarankan anak memelihara beberapa hewan ini. Apa saja?

Berikut daftarnya:

Kadal
Ketika Bunda berpikir untuk mengadopsi hewan peliharaan, kadal mungkin bukan hewan pertama yang datang ke pikiran. Tapi ternyata ada beberapa jenis yang aman dipelihara oleh anak. Menurut Reptiles Magazine, tergantung pada spesiesnya, kadal dapat ditangani secara teratur. Kadal berjanggut dan leopard gecko merupakan dua jenis kadal yang ramah untuk pemula.

Satu hal yang harus diperhatikan saat memelihara kadal, yakni tempat berjemur. Pastikan kadal rutin dipaparkan sinar matahari untuk basking dan kesehatannya.

Hamster
Pada tahun 2016, Kate Middleton mengungkapkan Pangeran George dan Putri Charlotte memiliki seekor hamster peliharaan bernama Marvin. Hamster merupakan hewan peliharaan yang paling mudah, lucu, dan cocok untuk anak-anak. Menurut PBS Specialist Pet Travel, hamster mudah dirawat, relatif bersih, dan bisa hidup sendirian atau soliter.

Hamster merupakan hewan nokturnal artinya mereka aktif di malam hari. Satu yang perlu diingat, hamster bisa menggigit jika tidak ditangani dengan lembut dan baik.

Kelomang
Kelomang bukan hewan peliharaan yang terlihat lucu seperti anjing atau kucing. Namun, hewan yang satu ini ramah anak. Mengutip PetCo, kelomang mudah dipelihara karena hanya makan buah dan sayur. Jika niat untuk memeliharanya jangan lupa untuk menyediakan tempat yang luas dan sediakan rumah cangkangnya. Hal ini karena kelomang bisa tumbuh jadi lebih besar.

Marmut atau Guinea Pig
Marmut sangat mudah dipelihara oleh anak. Seperti kelinci mereka bisa makan pelet atau sayuran segar, bahkan buah. Yang menarik dari pelihara marmut, mereka akan mengeluarkan bunyi jika berinteraksi dengan sesama marmut. Jangan lupa secara teratur membersihkan kandangnya.

Ikan Cupang
Ikan bisa menjadi hewan peliharaan pertama yang sangat baik untuk anak-anak. Hal ini karena perawatannya yang sangat mudah. Saking mudahnya, Bunda hanya perlu mengganti air akuariumnya seminggu sekali. Ikan cupang juga bisa hidup di wadah yang sempit seperti toples. Untuk pakan, ikan cupang tidakA terlalu banyak makan kok, Bun. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.