PortalMadura.com

Bunda, Ini 5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Biaya Pendidikan Anak Anda

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 07:00
Bunda, Ini 5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Biaya Pendidikan Anak Anda

PortalMadura.Com – Sebagian orang tua mungkin pernah mengalami masalah mengenai keuangan untuk sekolah anak. Pasalnya, meski mereka memiliki harta yang banyak bukanlah sebuah jaminan bahwa anak akan terpenuhi kebutuhan pendidikannya.

Bahkan, banyak sekali faktor yang dapat meningkatkan risiko anak gagal mencapai pendidikan tinggi karena terhambat masalah biaya. Seperti biaya keseluruhan yang dibutuhkan untuk menempuh jenjang pendidikan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan ini dapat mencapai 20 persen.

Untuk itu, orang tua harus mempersiapkan sedini mungkin pendidikan anak-anak mereka supaya tidak putus sekolah. Selain itu, dibutuhkan strategi lain selain mengandalkan tabungan. Nah, salah satu cara untuk mencapai keterjaminan pendidikan anak adalah dengan melakukan investasi.

Berikut empat investasi yang cocok untuk biaya pendidikan anak:

Hari Jadi Sumenep

Reksa Dana
Reksa dana merupakan sebuah wadah yang menjembatani investor dengan instrumen-instrumen saham layaknya obligasi, saham, dan pasar uang. Manajemen reksa dana sepenuhnya dilakukan oleh pihak ketiga, yakni manajer investasi.

Dengan kata lain, ini merupakan wadah kolektif bagi pasar yang sedang membutuhkan investor, yang diatur oleh badan khusus investasi. Terdapat dua jenis reksa dana yang dibedakan berdasarkan tingkat risikonya.

Pertama, reksa dana pasar uang. Model investasi ini memiliki risiko yang rendah karena dana investasi ditempatkan di media pasar uang yang cenderung stabil. Contoh dari investasi ini adalah deposito dan surat utang. Reksa dana pasar ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, investasi ini sangat sesuai bagi Anda yang membutuhkan dana untuk 1 atau 3 tahun ke depan.

Opsi kedua, reksa dana campuran, di mana memiliki risiko yang lebih tinggi daripada pasar uang. Akan tetapi, hal ini bukanlah menjadi sebuah masalah karena timbal baliknya juga akan lebih tinggi. Reksa dana ini antara lain instrumen obligasi dan saham.

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional