oleh

Bunda, Ini 5 Keuntungan Anak Anda Punya Hobi Sepak Bola Bagi Perkembangannya

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, setiap anak memiliki kesukaan atau hobi yang berbeda-beda untuk mengisi hari liburnya. Misalnya, ada sebagian anak yang suka melukis, memasak, hingga menekuni olahraga tertentu, salah satunya sepak bola.

Sebagai orang tua yang cerdas, Anda perlu tahu bahwa kegiatan sepak bola tidak hanya menghilangkan kejenuhan, tapi jenis olahraga yang satu ini juga memiliki banyak keuntungan. Apa saja?.

Berikut lima keuntungan anak memiliki hobi sepak bola bagi tumbuh kembangnya:

Mendorong Anak Tetap Aktif dan Sehat
Hal ini adalah cara yang bagus untuk tetap aktif. Sepak bola membutuhkan lebih banyak pergerakan dibanding olahraga lainnya. Mulai dari berlari, menendang, melempar, hingga menggiring bola.

Tidak heran jika bermain sepak bola bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, meningkatkan koordinasi, kekuatan, dan fleksibilitas.

Mengajarkan Life Skill
Tidak hanya berguna saat anak bermain atau berkompetisi, keterampilan hidup yang didapat dari sepak bola juga dapat diterapkan di luar lapangan. Kerja tim misalnya, menjadi hal yang dibutuhkan untuk sukses di sekolah, pekerjaan, dan keluarga saat anak beranjak dewasa.

Selain itu, anak juga didorong memiliki etos kerja dan tanggung jawab, sehingga termotivasi menjadi pribadi yang bekerja keras untuk meraih keberhasilan.

Mengembangkan Kemampuan Kognitif
Bermain sepak bola membantu anak-anak meningkatkan kesadaran visual-spasial dan keterampilan memecahkan masalah. Hal ini membuat mereka mampu berpikir cepat dan memberikan respon yang tepat, serta mengembangkan fleksibilitas kognitif.

Kemampuan inilah yang nantinya berguna saat anak menghadapi masalah dalam kesehariannya dan berpotensi menjadi pemimpin yang baik.

Mengenal Persahabatan dan Empati
Sepak bola adalah permainan dunia. Sering disebut Beautiful Game, olahraga ini dapat mempertemukan anak dengan orang-orang dari suku, agama, bahkan bangsa yang berbeda. Bermain sepak bola bisa jadi kesempatan si kecil untuk mendapatkan persahabatan seumur hidup yang disatukan karena kesamaan minat pada olahraga yang satu ini.

Selain itu, anak juga dapat mengenal empati dari permainan olah raga. Ingatkan pada si kecil bahwa sepak bola bukan hanya untuk menang, tapi juga bermain bersama teman-temannya. Ajarkan juga tentang sportivitas, agar ia dapat menerima kekalahan dengan lapang dada dan mau memberikan pujian tulus pada orang lain.

Meningkatkan Kepercayaan Diri
Anak yang memiliki kepercayaan diri tinggi biasanya terbuka pada hal-hal baru dan bersemangat menaklukkan tantangan yang ada di depannya. Bermain sepak bola secara rutin dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan kepercayaan diri, misalnya terlatih untuk tampil di depan banyak orang. Terus dukung ia dalam latihan maupun kompetisi, apapun hasilnya.

Sebenarnya, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari hobi anak bermain bola. Untuk menumbuhkan atau mengembangkan minatnya, orang tua dapat mendukungnya lewat kompetisi. (vemale.com/Salimah)

Loading...