Bunda, Ini 6 Cara Efektif Bangun Emosional yang Baik dengan Buah Hati Anda

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 6 Cara Efektif Bangun Emosional yang Baik dengan Buah Hati Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sudah menjadi tanggung jawab setiap orang tua untuk memiliki hubungan yang baik dengan . Apalagi, bagi anak yang mulai memasuki usia remaja.

Sebab, anak Anda tidak hanya disibukkan dengan tugas sekolah saja, tapi juga bermain dan mulai punya waktu khusus jalan berdua lawan jenis yang ditaksir. Maka dari itu, tanpa adanya hubungan emosional yang baik, bisa-bisa Anda akan kehilangan banyak momen berharga bersama buah hati tercinta.

Berikut enam cara yang perlu dilakukan orang tua agar bisa membangun hubungan emosional dengan anak menurut seorang ahli spiritual, Carolyn Hidalgo:

Kontrol Emosi
Orang tua harus belajar mengontrol emosi agar anak tetap merasa nyaman. Ekspresi kemarahan yang meledak-ledak bisa membuat anak takut. Anak pun tidak akan mau berbicara saat Anda menanyakan sesuatu kepadanya.

Ciptakan Ruang Nyaman
Anak mungkin sedang kesal, depresi, marah, dan kecewa. Anda bisa bertanya, “Ada apa denganmu?”. Emosi apa pun muncul, tanyakan padanya secara pelan-pelan.

Berikan saran yang tepat agar anak tahu bahwa Anda mendukungnya. Dengarkan ceritanya perlahan, hal ini memberikan ruang yang nyaman untuk anak.

Rangkul Anak Sesuai Kata Hatinya
Meski keputusan anak berbeda dengan Anda, Anda harus tetap merangkulnya. Biarkan anak mengikuti kata hati mereka. Temukan apa yang membuat anak bahagia. Berikan kepercayaan pada anak bahwa ia dapat melakukannya.

Hindari Beritahu Apa yang Harus Dilakukan
Demi melindungi anak, orangtua biasa memberi tahu anak, apa yang harus dilakukan. Cara ini ternyata keliru. Tugas Anda sebagai orang tua adalah membimbing anak menjadi pribadi yang ia inginkan.

Memasuki masa remaja seharusnya membuat anak menjadi lebih mandiri. Anda hanya perlu berbagi, apa yang perlu dilakukan dan mengapa harus dilakukan. Cara ini bisa membantu anak memutuskan, hal apa yang terbaik ia lakukan.

Ikut Tertarik dan Terlibat Terhadap Minat Anak
Apapun yang anak sukai dan minati, orang tua bisa ikut terlibat melakukannya. Misalnya, anak tengah menyukai film petualangan. Anda juga bisa ikut menonton film tersebut.

Anak juga biasanya terbawa oleh suatu permainan yang sedang tren di sekolah. Anda bisa ikut menyimak atau mendengarkan cerita dari anak soal permainan itu.

Temukan Waktu yang Tepat untuk Mengobrol
Anda mungkin termasuk orang tua pekerja sehingga jarang memiliki waktu yang lama mengobrol dengan anak. Demi membangun hubungan emosional dengan buah hati Anda, sebaiknya temukan waktu yang tepat untuk mengobrol atau berbicara dengan anak. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.