Bunda, Ini 6 Cerdas Bangun Kemandirian Anak Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 6 Cerdas Bangun Kemandirian Anak Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain merawat anak, orang tua juga memiliki kewajiban untuk membentuk kemandirian si kecil sedini mungkin. Sayangnya, terkadang seringkali ditemui orang tua yang merasa kasihan dan kurang sabar melihat proses anak dalam mencoba sendiri hal baru, seperti makan, memakai sepatu, memakai baju, dan lain-lain.

Padahal, bisa jadi hal tersebut bisa berdampak tidak baik bagi anak di masa depan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua dalam melatih si kecil agar mandiri sejak dini.

Nah, berikut ini enam :

Sabar
Orang tua perlu bersikap sabar menghadapi anak yang sedang berproses menuju kemandirian. Kemandirian seorang anak tidak didapatkan secara instan. Namun, kemandirian didapat dari proses yang membutuhkan latihan dalam waktu yang seringkali tidak sebentar. Itulah sebabnya orang tua harus memiliki rasa sabar dalam melatih anaknya menuju kemandirian.

Waktu
Sediakan waktu cukup bagi anak dalam berusaha melakukan pekerjaannya sendiri. Jika akan berangkat sekolah pukul 08:00, maka sebaiknya orang tua meminta anak memakai sepatu pukul 07:30. Jika keadaan sangat mendesak atau terburu-buru maka informasikan kepada anak bahwa orang tua membantu memakai satu sepatu karena sedang terburu-buru, tapi besok anak tersebut bisa mencoba memakai sendiri.

Tega
Perlu rasa “tega” orang tua dalam melihat anaknya melakukan pekerjaannya sendiri. Teganya orang tua tentu bukan berarti hilangnya rasa sayang kepada anak. Justru sebaliknya, rasa sayang tersebut diungkapkan dengan untuk melakukan pekerjaannya sendiri demi membangun pribadi anak mandiri.

Minimal
Bantu anak secara minimal. Jika anak benar-benar tidak bisa melakukan pekerjaan sendiri, maka orang tua dapat memberikan informasi bahwa ayah atau ibu akan membantu memakaikan baju dan anak dapat mencoba memakai celananya sendiri.

Teladan
Orangtua harus memberi teladan dengan menjadi orang tua mendiri kepada anak-anak. Orang tua dapat mengajarkan kemandirian mulai dari awal bangun tidur, merapikan tempat tidur, mengambil makan dan minum sendiri, dan lain-lain. Akan tetapi, jika memang orang tua sangat butuh bantuan, maka orang tua dapat meminta bantuan kepada anak dengan mengucapkan kata ”tolong” dan ”terima kasih” sudah dibantu.

Apresiasi
Berikan apresiasi dan penghargaan kepada anak yang mampu menyelesaikan pekerjaannya sendiri. Dengan ucapan terima kasih dibarengi ciuman dan pelukan kepada anak atau hal lain yang sesuai dengan kemampuan orang tua.
Kemandirian sangat penting dibangun sejak usia dini.

Kemandirian akan membuat seseorang menjadi pribadi yang mempunyai daya juang tinggi dalam menjalani hidup, menjadi pribadi yang tidak mudah mengeluh jika kesusahan serta mendidik pribadi yang tidak selalu bergantung dengan orang lain. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.