Bunda, Ini 7 Cara Pilih TK yang Tepat untuk Anak

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 7 Cara Pilih TK yang Tepat untuk Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com () merupakan pendidikan formal pertama -anak untuk mulai belajar dan bersosialisasi. Sebagai orang tua cerdas, jangan sampai Anda salah memilih sekolah untuk anak, karena hal ini bisa berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Sebab, sekolah adalah salah satu tempat untuk anak belajar hal baru. Maka dari itu agar tidak salah pilih sekolah, Anda perlu mengetahui beberapa cara memilih TK yang tepat untuk si kecil.

Berikut tujuh cara memilih TK yang tepat untuk anak:

Kualitas SDM
Salah satu Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah tersebut yang harus Anda perhatikan adalah tenaga pengajarnya atau guru. Nantinya, seorang guru akan membimbing si kecil di sekolah setiap waktu.

Maka dari itu, lihat guru tersebut apakah cukup kredible atau tidak. Tidak hanya pemahaman mengajar, tapi juga memiliki sifat penyayang, lembut, sabar dan juga energik. Hal-hal itu bisa terlihat dari cara mereka mengobrol dan berinteraksi dengan orang lain terlebih lagi anak-anak.

Lokasi TK
Lokasi adalah hal yang perlu Anda perhatikan. Sebagus apapun sekolah tersebut jika terlalu jauh dari rumah, sepertinya bukan pilihan yang tepat. Lokasi yang terlalu jauh bisa membuat anak lelah sebelum tiba di sekolah. Hal ini akan memengaruhi performanya di sekolah nanti hingga terlambat masuk. Jika lokasi TK berdekatan dengan rumah, maka si kecil pun akan semangat bersekolah setiap hari.

Kurikulum Sekolah
Setiap sekolah memiliki kurikulum yang berbeda, untuk itu orang tua bisa menanyakan terlebih dahulu sebelum mendaftarkan anak ke sekolah TK. Lalu, pelajari dahulu seperti apa kurikulum tersebut.

Pilihlah kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Beberapa sekolah menerapkan kurikulum internasional dan ada juga yang nasional. Jangan hanya karena ingin tampak keren, tapi pilihlah yang sesuai untuk buah hati Anda.

Sesuaikan dengan Budget
Hal yang pasti harus orang tua pikirkan adalah biaya sekolah anak. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Tidak perlu terlalu memaksa mendaftarkan anak ke sekolah yang mahal, karena hal tersebut tidak 100 persen menjamin anak pintar. Untuk itu, sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Jumlah Murid dan Guru
Jumlah guru di dalam kelas harus Anda perhatikan. Akan lebih baik jika dalam 1 kelas tidak terlalu banyak murid, karena hal ini bisa membuat guru kurang maksimal memperhatikan siswanya. Jumlah siswa dalam kelas maksimal 25 orang dengan 3 orang guru, jadi perbandingannya 1:8.

Lingkungan Sekolah
Memilih TK atau sekolah untuk anak juga harus memerhatikan lingkungan sekitar. Perhatikan lingkungan sekolah anak apakah aman dan kondusif.

Kondusif di sini artinya tidak terlalu dekat dengan jalan raya, tidak banyak orang berjualan mainan serta makanan di sekitar sekolah, dan sebagainya. Dengan begitu, orang tua bisa meninggalkan anak sekolah dengan tenang.

Waktu Belajar
Waktu belajar anak sebaiknya tidak terlalu panjang. Sekolah untuk anak berumur 3-5 tahun, sebaiknya yang banyak menekankan pada aktivitas fisik atau bermain daripada belajar. Maka anak pun mampu melatih kemampuan motoriknya di TK.

Sebagai orang tua sudah selayaknya memberikan fasilitas untuk anak belajar dan berkembang dengan baik. Selain menyekolahkan dari TK, Anda juga bisa memfasilitasi tempat bermain yang edukatif. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.