Bunda, Ini 8 Mainan yang Pas Untuk Bayi Usia 0-2 Bulan

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 8 Mainan yang Pas Untuk Bayi Usia 0-2 Bulan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bunda tahukah Anda masa bermain anak dimulai dari usia 0-5 tahun ? Pada usia tersebut merupakan waktu yang menyenangkan bagi anak-anak. Ini juga akan membantu dalam perkembangan otak anak, tak terkecuali anak yang baru lahir.

Perlu Anda pahami bahwa penting untuk menyediakan mainan untuk bayi, terutama pada usia 0-2 bulan. Selain bikin senang, juga bisa membantu meningkatkan kemampuan si kecil.

Seorang psikolong dari Tiga Generasi @Brawijaya Clinik, Saskhya Aulia Prima mengatakan, bermain baik untuk perkembangan otak anak. Melalui bermain, apalagi dengan bantuan alat permainan, Anda bisa membantu anak meregulasikan emosinya.

“Bermain berdampak pada otak. Korteks prefrontal atau pusat kendali otak menjadi lebih besar dan lebih cepat. Tahap ini akan mempersiapkan otak muda untuk kehidupan, afeksi, dan bahkan pekerjaan sekolah,” kata Saskhya.

Dilansir dari haibunda.com yang dikutip dari Mom Junction, Anda bisa mengenalkan mainan ke anak mulai dari sedini mungkin. Sebab, bayi di usia 0-1 bulan sudah mulai ekspresif dan merespons jika melihat ibu atau anggota keluarga yang lain.

Sedangkan, di usia 2 bulan, bayi sudah mampu mengenali wajah, tersenyum, dan menunjukkan refleks motorik. Ia juga mulai senang menjelajahi benda-benda di sekitarnya dan memasukkan ke mulutnya. Karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih mainan untuk si kecil ya.

Nah, agar tak salah milih, berikut beberapa jenis maianan yang pas untuk bayi usia 0-2 bulan.

Usia 0 – 1 Bulan

Mainan yang Menggantung di Atas Tempat Tidur Bayi (Crib Toys)

Pada usia 0 – 1 bulan, anak banyak menghabiskan waktu di tempat tidur bayi. Nah, mainan yang digantungkan di atas tempat tidur baik untuk perkembangan visual. Akan lebih baik lagi bila Anda menambahkan suara musik.

Mainan Boneka Tangan

Anda bisa pasangkan mainan sarung tangan boneka di tangan dan kaki si kecil. Karena di usia ini, bayi senang menggerakkan tangan dan kakinya ke atas saat tidur. Saat dipasangkan sarung tangan boneka, tangan dan kaki bayi terangkat, dia bisa terhibur.

Teethers

Cobalah berikan teethers yang lunak dan berwarna-warni karena di usia 0 – 1 bulan, bayi senang dengan warna. Teethers juga baik untuk perkembangan sensorik dan motorik.

Mainan Musik

Berilah si kecil mainan yang mengeluarkan musik dan aman jika dipegang anak. Mainan musik membantu mengembangkan pendengaran bayi.

Baca Juga: Mainan Anak Pria dan Wanita Perlukah Dibedakan?

Usia 2 Bulan

Maracas Music Toy dan Mainan Kecrek Khusus Bayi

Mainan ini baik untuk perkembangan auditori bayi serta sensorik. Selain itu, ia akan belajar untuk menggenggam objek, mainan kecrekan misalnya.

Mainan ini juga bisa sebagai pembelajaran sebab dan akibat. Bayi seperti mendapatkan kendali atas tindakan mereka dan menerima respons yang mereka sukai.

Carilah mainan musik yang berbahan lembut sehingga aman jika masuk ke mulut anak.

Buku dengan Desain Mencolok

Anda bisa memberikan buku berbahan lembut dengan desain mencolok yang mudah menarik perhatian bayi. Tunjukkanlah ketika Anda membalik halaman buku dan membacakan cerita dengan suara yang sedikit keras.

Bola Berbahan Lembut yang Berwarna

Anak usia dini mungkin belum mengerti tentang warna, namun mereka bisa melihat benda dengan desain yang kontrasnya tinggi seperi warna hitam dan putih. Memberi mainan jenis ini bisa memberikan stimulus pengenalan warna pada bayi.

Mainan Portable

Mainan portable bisa menciptakan area bermain bayi di mana pun. Mainan jenis ini bisa dalam bentuk crib toys, kaca plastik, atau mainan plastik yang mudah di bawa ke mana pun.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.