oleh

Bunda, Ini Cara Ajarkan Bisnis Pada Anak

PortalMadura.Com – Semua orang tua tentu menginginkan anak-anaknya kelak bisa menggapai kesuksesan. Tidak heran, berbagai dukungan dan pengorbanan mereka lakukan, termasuk memberikan pelajaran penting yang bisa dipakai buah hati mereka dalam menghadapi berbagai tantangan nantinya.

Bahkan, tidak sedikit orang tua yang ingin anaknya bisa mewarisi bakat menjadi seorang pengusaha. Hal ini ternyata bisa mulai ditanamkan saat anak masih dalam usia belia. Lantas, bagaimana caranya? . Dilansir dari laman Liputan6.Com, Minggu (18/4/2021), Berikut lima cara cermat mengajarkan bisnis pada anak:

Izinkan Anak untuk Punya Ide Bisnis Sendiri

Setiap anak memiliki minatnya masing-masing. Dari minat inilah sering timbul ide yang nantinya bisa ditumbuhkan menjadi proyek bisnis sungguhan.

Latih Anak untuk Mencapai Tujuan

Setelah mengetahui minat yang disenangi oleh anak Anda, langkah selanjutnya adalah dengan melatih mereka untuk bisa memiliki tujuannya masing-masing. Anda bisa mengajarkan mereka untuk menulis mimpi yang ingin dicapai dan menempelkannya di dinding. Dengan begini, anak Anda bisa terus termotivasi dengan apa yang ingin dilakukannya.

Dukung Kesuksesan dan Motivasi saat Gagal

Jika anak Anda bisa meraih sukses maka berilah apresiasi terhadap apa yang dilakukannya. Namun, apabila mereka gagal maka tetaplah beri semangat untuk terus mencoba lagi. Dukungan penuh dari orang tua merupakan faktor penting dalam kesuksesan anak di masa depan.

Ajarkan Cara Membuat Rencana Bisnis

Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba mengajarkan hal ini sebelum anak menginjak usia yang lebih besar. Mengajarkan anak untuk membuat rencana sedari kecil bisa membuat mereka terbiasa untuk hidup dengan lebih terstruktur.

Investasi dan Ajarkan Cara Atur Uang

Poin terakhir yang harus benar-benar diperhatikan oleh para orang tua adalah dengan mengajarkan anak untuk mengatur keuangan. Untuk memulai bisnis, penggunaan uang sangat harus diperhatikan. Maka dari itu, sejak dini sebaiknya orang tua memperkenalkan kepada anak bahwa uang itu sangat berharga dan tidak boleh digunakan sembarangan apalagi untuk berfoya-foya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber: Liputan6.com

Komentar