Bunda, Ketahui 6 Hal Ini Saat Mudik Bersama Si Kecil

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ketahui 6 Hal Ini Saat Mudik Bersama Si Kecil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mudik merupakan satu momen yang terjadi setiap tahun. Oleh karena itu, bagi pemudik harus merencanakan matang-matang agar dalam perjalanan tetap merasa nyaman.

Apalagi mudik dengan membawa anak, perlu dipersiapkan agar selama perjalanan anak senang dan tidak mudah sakit. Nah, bunda perlu tahu beberapa hal jika mudik bersama si kecil. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Transportasi
Tentukan alat transportasi apa yang akan digunakan dengan mempertimbangkan jarak dan waktu yang akan ditempuh. Hal ini penting karena tiap mode transportasi memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri.

Rutinitas Biasanya
Jaga agar kondisi selama mudik tetap menjalankan rutinitas yang biasa dilakukan di rumah. Seperti waktunya makan, waktu tidur, waktu bermain, dan bahkan untuk anak yang besar waktu untuk mengerjakan PR.

Lingkungan
Jaga juga kondisi lingkungan semirip mungkin dengan kondisi di rumah. Bila di dalam kendaraan pribadi, suhu pendingin jangan terlalu dingin. Bila dengan transportasi umum pastikan anak dibekali jaket, topi, selimut untuk berjaga-jaga supaya tidak mengalami penurunan suhu tubuh. Topi sangat penting untuk bayi baru lahir karena suhu tubuh banyak hilang dari permukaan kulit kepala.

Baca Juga: Pelaku Penembakan Masih Bebas Berkeliaran di Madura

Obat-obatan
Siapkan obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan sewaktu-waktu seperti penurun panas, obat untuk batuk, pilek, diare dan muntah. Bila anak memiliki riwayat kejang demam tentu saja selalu sedia obat anti kejang yang melalui dubur untuk berjaga-jaga. Bila anak sering mabuk perjalanan, anak dapat diberikan obat anti muntah 30 menit sebelumberangkat.

Jangan Lupa Kebersihan Tangan
Sering kali bila berpergian Anda lupa untuk cuci tangan. Maka sediakan selalu gel cuci tangan atau tissue basah dan ingatkan anak-anak untuk melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah ke WC, sesudah bersin atau batuk. Jangan lupa ajarkan juga cara mencuci tangan dengan benar ya, yaitu dengan menggosok kedua tangan selama minimal 20 detik.

Siapkan Permainan atau Aktivitas Selama Perjalanan

Jangan keluarkan semuanya bersamaan, namun buat satu paket aktivitas atau mainan dalam kantong-kantong terpisah sehingga bila perjalanannya cukup lama,anak-anak tetap dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan. Dengan begitu perjalanan mudik akan aman dan nyaman.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.