Bunda, Lakukan 3 Cara Ini Untuk Atasi Shaken Baby Syndrome

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Lakukan 3 Cara Ini Untuk Atasi Shaken Baby Syndrome
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan sindrom yang mengakibatkan cidera pada otak dan menyebabkan kerusakan yang parah. Biasanya hal ini disebabkan guncangan yang terlalu keras pada berumur di bawah 2 tahun.

Perlu diketahui bagi para orang tua, bayi memiliki otak yang lembut dan otot leher yang lemah. Sehingga apabila diguncang sedikit bisa berbahaya bagi kesehatan otak si kecil bahkan dapat menyebabkan kematian.

Bayi yang mengalami Shaken Baby Syndrome menjadi mudah rewel, sering muntah, tidak merasa lapar, detak jantung melambat dan sulit mendengar. Gejala ini bisa terjadi pada bayi yang mengalami Shaken Baby Syndrome dengan cidera yang berat.

Bagaimana Mengatasi Shaken Baby Syndrome?
Saat bayi mengalami Shaken Baby Syndrome, mom dapat melakukan berbagai cara seperti yang direkomendasikan American Red Cross di bawah ini:

1. Hati-hati dengan punggung si kecil. Jika ia mengalami cidera punggung sebaiknya rebahkan si kecil dengan hati-hati.

2. Jika bayi berusia 1 tahun, pasang dua jari di tengah tulang dada. Jika si kecil di atas usia 1 tahun, letakkan satu tangan di tengah tulang dada. Letakkan tangan yang lain di dahi bayi agar kepalatidak miring ke belakang. Jangan miringkan kepala anak, dan buka mulutnya dengan menarik rahang.

3. Periksa napas anak setelah memberikan kompresi. Jika tidak ada tanda-tanda bernapas, lakukan napas buatan dengan menutup mulut dan hidung bayi dengan mulut. Pastikan jalan napas terbuka, lalu berikan dua hembusan napas.

Selain itu, Shaken Baby Syndrome selain menyebabkan kematian tapi juga dapat menyebabkan kebutaan, kesulitan dalam belajar dan mempengaruhi emosi anak di masa depan. Jadi, mulai sekarang bijaklah saat mengontrol emosi, mom. Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.