Bunda, Lakukan 4 Cara Menyikat Gigi pada Bayi

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Lakukan 4 Cara Menyikat Gigi pada Bayi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Merawat gigi perlu dilakukan sejak tumbuh pertama kali. Bayi akan tumbuh gigi setiap empat bulan sekali sejak gigi pertamanya muncul. Gigi bayi akan tumbuh empat buah setiap satu periode. Misalnya nih, Bun, gigi pertama muncul pada usia 7 bulan, maka pada usia 11 bulan dia akan memiliki 4 gigi. Lalu, pada usia 15 bulan bayi akan memiliki 8 gigi, dan begitu seterusnya.

Membuat bayi mau disikat giginya memang hal yang susah-susah gampang dilakukan. Agar membuat mereka tetap nyaman, sebaiknya perhatikan bentuk sikat sesuai usia bayi.
Pada bayi di bawah satu tahun, gunakan sikat gigi karet lembut. Sikat ini juga berfungsi untuk membersihkan bagian lidahnya. Sehingga, napas bayi tetap fresh, Bun.

Baca Juga: Anggota Polsek Arosbaya Meninggal dengan Luka Tembak Dikenal Baik dan Santun

Saat mereka sudah berusia 12 bulan ke atas, Bunda bisa mengganti sikat gigi berbahan bulu halus. Pilih bentuknya yang sangat kecil. Sedangkan di atas usia 2 tahun, baru ganti dengan sikat gigi balita.

Banyak Bunda yang mengeluh sulit bayinya. Nah, simak yuk beberapa saran di bawah ini agar lebih mudah merawat gigi bayi. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Minggu (8/9/2019) dari laman haibunda.com yang dikutip dari Rising Children.

1. Posisikan bayi menghadap Bunda, agar lebih gampang melihat mulutnya. Hal itu juga akan membuat bayi merasa aman. Bunda bisa duduk di tempat tidur atau lantai, dan baringkan bayi sampai kepala mereka ada di pangkuan Bunda.

2. Rapatkan dagu bayi ke tangan Bunda. Sedangkan posisi kepalanya bersandar di tubuh Bunda.

3. Buka bibir bayi dan angkat ke atas untuk membersihkan giginya. Putar sikat dengan gerakan melingkar lembut secara berulang-ulang.

4. Pastikan Bunda menyikat bagian depan dan belakang setiap gigi, dan juga garis gusi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.