Bunda, Si Kecil Suka Ngompol? Yuk Temukan Disini Tips Atasinya

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Si Kecil Suka Ngompol? Yuk Temukan Disini Tips Atasinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com atau dikenal juga dengan istilah bedwetting masih umum terjadi pada anak-anak. Kebiasaan anak yang seperti ini tentu akan menyusahkan dan membuat orang tua merasa kerepotan dikarenakan pesing yang berlebihan dan belum lagi masih harus menjemur kasur anak yang basah.

Memang cukup susah untuk menghentikan kebiasaan anak untuk tidak ngompol. Namun sebagai orangtua, Anda harus mengerti bahwa dia melakukannya tanpa disengaja dan teruslah berusaha melakukan cara terbaik agar si kecil berhenti dari kebiasaan ngompolnya.

Nah, bagi Anda yang kerepotan mengaturnya disini akan dibahas tips agar si kecil tidak suka ngompol lagi terutama di malam hari saat tidur. Yuk ikuti ulasan tips jitu dibawah ini ya bunda.

Langkah pertama adalah hindari memberi anak minuman apapun 1 jam sebelum ia tidur. Supaya dia tidak kekurangan cairan, pastikan dalam sehari dia sudah mendapatkan cukup minum agar tidak dehidrasi. Air atau banyaknya cairan yang masuk dalam tubuh adalah pemicu utama .

Selanjutnya, bunda harus melatih si kecil untuk buang air kecil sebelum tidur, bisa juga disertai dengan sikat gigi sebelum tidur. Selalu jadikan ini sebagai rutinitas agar anak semakin terbiasa.

Kadang anak kecil takut dengan kondisi gelap menuju toilet. Jika ini masalahnya bunda harus menyalakan penerangan di sepanjang kamar mandi. Buatlah toilet menjadi tempat yang nyaman, bersih dan wangi agar si kecil tidak ogah-ogahan saat akan buang air kecil.

Terakhir, Anak kecil biasanya malas pergi ke toilet karena takut dengan cerita hantu dan cerita seram lainnya. Ini seringkali membuatnya lebih memilih dimarahi karena mengompol dibanding bertemu hantu saat akan ke toilet. Sebisa mungkin pastikan dia tidak mendapat cerita seram.

Itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan agar si kecil tidak mengompol lagi. Biasakan selalu dan lakukan secara rutin sampai si kecil benar-benar berhenti mengompol. Semoga bermanfaat ya Bunda. (vemale.com/Qory)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.