Bupati Harus Mampu Tangani Masalah Reklamasi

Avatar of PortalMadura.Com
Bupati Harus Mampu Tangani Masalah Reklamasi
Demo Reklamasi

PortalMadura.Com, – Adanya reklamasi di pesisir pantai selatan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () setempat angkat bicara, Senin (27/6/2016).

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Ismail mengatakan, terjadinya reklamasi harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Utamanya, sebagai pemegang kebijakan di wilayah bumi Gerbang Salam.

“Persoalan reklamasi ini sudah jelas, persoalan bagaimana tindakan pemkab, saya hanya minta bupati agar bisa mengkoordinasikan itu dan bertindak tegas,” pintanya, Senin (27/6/2016).

Disinggung soal adanya surat hak milik (SHM) pantai, Ismail mengaku harus mengetahui kronologi atas kepemilikan sertifikat tersebut supaya persoalan reklamasi dapat tertangani sedini mungkin sebelum menjadi bola liar di tengah-tengah masyarakat.

“Kalau Dinas sudah bilang tidak berizin, ya harus ditertibkan. Tidak bisa ada perlakuan khusus, apalagi berlaku sewenang-wenang kan begitu. Ini sudah tugas pemkab, panggil pihak-pihak terkait kalau sudah tidak sesuai prosedur,” tandasnya.

Dikatakan Ismail, adanya reklamasi sebenarnya tidak hanya sebatas persoalan pohon mangrove yang dilindungi pemerintah. Melainkan, banyak dampak lainnya yang dapat merugikan masyarakat sekitar, bahkan berdasarkan keluhan masyarakat, separuh sungai di Desa Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan telah menjadi hak milik.

Terkuaknya reklamasi menyusul adanya warung makan di Desa Branta Pesisir Kecamatan Tlanakan yang ditengarai hasil reklamasi. Bahkan, isu yang berkembang di sepanjang pantai itu sudah bersertifikat hak milik perorangan. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.