oleh

Bupati Sumenep Larang Bidan Meninggalkan Polindes

PortalMadura.Com, Sumenep – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi meminta para Bidan agar tidak meninggalkan pondok bersalin desa (Polindes).

“Polindes itu sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Terutama bagi Ibu-ibu dan anak-anak,” katanya, Rabu (17/3/2021).

Selamat Ibadah Puasa

Jika Polindes sering ditinggalkan, kata dia, maka yang jelas akan berdampak kurang baik pada pelayanan masyarakat, karena akan kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Jika para bidan ini tidak ada di Polindes, tentu masyarakat yang dirugikan. Maka para bidan harus berada di Polindes masing-masing agar setiap waktu bisa melayani masyarakat dengan baik,” ujarnya.

Menurut dia, para bidan merupakan garda terdepan untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak. “Guna menurunkan angka kematian bayi, meskipun angka kematiannya menurun selama 5 tahun terakhir,” katanya.

Pihaknya menyebutkan, angka kematian bayi per seribu kelahiran hidup di Kabupaten Sumenep pada tahun 2015 sebanyak 3,41 persen, 2016 sebanyak 3,18 persen, dan pada tahun 2017 sebanyak 2,21 persen.

Pada tahun 2018 mengalami penurunan hingga capai 2,09 persen dan tahun 2019 sebesar 2,03 persen.

“Peningkatan derajat kesehatan masyarakat harus dipertahankan dan ditingkatkan,”pungkasnya.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar