Buruan Ambil Bagian, Sumenep Akan Gelar Anugerah Inovasi Daerah

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, Sumenep – Peningkatan daya saing antar daerah merupakan agenda penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat saat ini. Namun, untuk meningkatkan daya saing, daerah harus mampu melakukan terobosan dan inovasi di segala bidang. Inovasi itu, baik pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan urusan lain yang menjadi kewenangan daerah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Sumenep, Yayak Nurwahyudi, Senin (27/9/2021). Yayak Nurwahyudi merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang , Pasal 7 ayat (1), disebutkan bahwa usulan inisiatif inovasi daerah dapat berasal dari Kepala Daerah, anggota DPRD, ASN, perangkat daerah dan anggota masyarakat.

Buruan Ambil Bagian, Sumenep Akan Gelar Anugerah Inovasi Daerah

Sebagai upaya untuk mendorong inovasi daerah, kata dia, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep akan menggelar Anugerah Inovasi Daerah kepada tiga elemen yang memiliki peran strategis.

Tiga elemen itu, yakni perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Puskesmas dan masyarakat. Kategori masyarakat sasarannya sangat luas bisa individu atau kelembangaan.

“Melalui Anugerah Inovasi ini kita harapkan menjadi pendorong dan motivator bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga kalangan masyarakat untuk terus berlomba-lomba dalam membuat inovasi-inovasi yang bisa memberikan manfaat kepada kemajuan ,” ujar Yayak Nurwahyudi.

Ia menjelaskan, Anugerah Inovasi itu merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan daya saing daerah. Sebab, jika daya saing daerah tinggi, maka akan berbanding lurus dengan kemajuan daerah. Maka, pihaknya berharap, khususnya kepada warga Sumenep yang memiliki inovasi untuk mendaftarkan inovasinya sesuai pedoman teknis yang telah disiapkan oleh panitia.

“Kita siapkan penghargaan berupa tropi, piagam dan uang pembinaan puluhan juta rupiah untuk para pemenang di tiga kategori,” terangnya.

Namun, pihaknya berpesan agar peserta tidak melihat pada hadiah saja. Ini adalah bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam menghargai inovasi dan kreasi masyarakat Sumenep.

Anugerah inovasi daerah Kabupaten Sumenep dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Pertama, pendaftaran dan penyerahan proposal inovasi yang dimulai tanggal 21 September-25 Oktober 2021.

Pada tahap kedua, yakni seleksi proposal mulai tanggal 26-30 Oktober 2021. Dan bagi peserta yang lolos tahap seleksi proposal akan diberikan kesempatan mempresentasikan proposal inovasinya di depan para juri pada tangal 2-3 Nopember 2021.

Pada tahap tersebut akan diambil 5 proposal terbaik dari semua kategori. Sedangkan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah direncanakan pada tanggal 5 Nopember 2021.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.