Butuh Sinergitas Antar Elemen dalam Menangkal Radikalisme

Avatar of PortalMadura.Com
Butuh Sinergitas Antar Elemen dalam Menangkal Radikalisme
Sosialisasi

PortalMadura.Com, – Mencegah radikalisme di Indonesia membutuhkan sinergi antar elemen, termasuk para jurnalis yang setiap hari bergelut dengan kegiatan jurnalistik.

“Menangkal berkembangnya radikalisme itu tanggung jawab bersama, makanya Sumenep menggelar sosialisai pencegahan ajaran radikalisme ini,” kata ketua PWI Sumenep, Moh Rifai, dalam sambutannya, Selasa (8/3/2016).

Menurut Rifai, kenapa PWI perlu bekerja sama dengan pemerintah dan penegak hukum mencegah radikalisme, karena PWI tidak akan pernah lepas dengan berbagai pihak dalam rangka menjaga kondusifitas di masyarakat.

“Sinergi harus dimulai dari tingkat daerah sehingga bisa mencegah radikalisme yang tidak sesuai dengan Islam di Indonedia,” jelasnya.

Sementara itu, Ahmad Munir, ketua PWI Provinsi Jawa Timur mengatakan, PWI mengambil tema “cegah dan tangkal radikalisme” ini sangat tepat karena bahaya terorisme adalah kejahatan kemanusiaan sepanjang sejarah dan menjadi musuh bersama.

“Teroris membuat kita kaget dan mereka ancaman yang tersembunyi dan sulit dideteksi maka perlu keterlibatan langsung dari masyarakat dalam menangkalnya,” ungkap Munir.

Ia menambahkan, penangkalan radikalisme tidak cukup dilakukan oleh Polri dan TNI, butuh bantuan elemen masyarakat termasuk PWI.

“Kita harus bersatu-padu mencegah radikalisme berkembang di Indonesia,” tukasnya.

Materi cegah dan tangkal radikalisme itu akan diberikan oleh Direktur Perlindungan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) RI, Brigjen Pol Herwan Chaidir dan Wakil ketua PB NU, Syaifullah Yusuf serta ketua PWI Jatim, Ahmad Munir. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.