oleh

Cara Atasi Penyimpanan Google Drive yang Penuh

PortalMadura.Com – Selain penyimpanan internal pada smartphone, ada versi gratis yang memberikan ruang penyimpanan cloud 15GB seperti Google Drive. Bagi Anda yang hanya mengelola backup akun WhatsApp atau pun tidak banyak mempunyai file yang mau disimpan mungkin itu akan cukup.

Berbeda jika Anda akan menyimpan banyak file seperti dokumen skripsi yang isinya pasti banyak, tampaknya tidak akan cukup. Selain itu, ada hal lain yang bisa membuat ruang penyimpanan Anda di Google Drive jadi semakin penuh contohnya file yang dibagikan. Dalam kasus Anda mungkin pernah berbagi film dengan teman, hal ini cukup memerlukan ruang besar.

Lalu, bagaimana mengurangi penggunaan ruang di Google Drive?. Simak cara berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (7/6/2021) dari laman Liputan6.com:

Cek Ruang Penyimpanan

Untuk memulainya, buka situs web Google Drive di browser. Lalu masuk ke bagian “Penyimpanan” di bawah sidebar kiri. Ini akan menunjukkan berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa di akun Anda. Klik tombol “Penyimpanan”.

Setelah itu, Anda akan melihat daftar file besar di akun. Klik pada file berikut untuk memilihnya, jika ingin memilih banyak file sekaligus, tekan ‘Control’ di Windows atau ‘Command’ di macOS.

Untuk menghapus file, klik tombol ‘Hapus’ di toolbar atas. Secara instan, Google Drive akan menghapus file tersebut dan mengirimkannya ke folder ‘Sampah’.

Opsi Selanjutnya

Jika Anda ingin mencari dan membuka folder di mana file tertentu disimpan, klik kanan dan pilih opsi ‘Show File Location‘. Dari sana, Anda bisa memilah lebih banyak lagi file dalam folder yang sama sebelum menghapusnya.

Guna memastikan semua file tadi benar-benar dihapus, buka folder ‘Sampah’ untuk menghapusnya secara permanen.

Cara Singkat

Selain cara di atas, tips singkatnya, untuk menghapus semua file di tempat sampah ini, cukup ketuk pilihan ‘Empty Trash’. Di pop-up yang muncul, konfirmasi menggunakan tombol “Hapus Selamanya”. Jadi, semua file akan dihapus. Setelah Anda refresh halaman Drive, Anda akan melihat bahwa ruang penyimpanan terlihat lebih luas.

Itulah cara mengurangi penggunaan ruang di Google Drive. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com

Komentar