oleh

Cara Bersihkan Lapisan Krom Motor Agar Lebih Awet

PortalMadura.Com – Salah satu komponen motor yang tidak boleh luput dari perawatan ekstra dan juga harus rutin dibersihkan, yaitu lapisan pernekel dan krom. Hal ini harus dilakukan agar kinerjanya tetap prima dan korosi enggan menghampiri.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh seorang Kepala Produksi Dahsyat Chrome, Nanang, bahwa merawat lapisan krom di motor tidak terlalu sulit. Yang penting telaten mengawasi kondisi part-part yang ditaburi lapisan krom.

“Saya rekomendasikan kotoran jangan sampai menempel lebih dari 4 hari. Soalnya kalau lebih dari 4 hari, dia sudah terlalu ngegigit ke part krom, biasanya ini yang akan bikin efek bintik atau mengelupas,” kata Nanang, seperti dikutip dari Detik.com, Minggu (29/9/2019).

Maka dari itu, setelah motor terkena air hujan, maka lapisan krom wajib dibilas pakai air bersih. Utamanya lapisan krom yang ada di area kaki-kaki, seperti lengan ayun, standar, blok mesin, atau footstep.

Baca Juga: 3 Penyebab Power Window Pada Mobil Tak Berfungsi

“Kalau noda bekas lumpur, disemprot juga hilang. Yang susah itu mungkin bekas tanah campur oli. Saya rekomendasikan bersihkan pakai cairan pencuci piring. Itu ampuh hilangkan kotoran,” sarannya.

Dari segi perawatan, juga tidak disarankan mengelap lapisan krom menggunakan kain bertekstur kasar. Pasalnya, hal itu bisa membuat lapisan krom menjadi baret.

“Sarannya pakai kain yang lembut. Bisa pakai kain yang bahannya mirip pakaian singlet. Selain itu, saat ngelap kalau bisa jangan terlalu ditekan. Ngambang aja,” tutupnya.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE