Cara Cegah Cat Mobil Putih Menguning

Cara Cegah Cat Mobil Putih Menguning
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Warna putih pada mobil memang tampak lebih bersih, elegan dan mewah. Apalagi kondisi cat nya masih terawat dan tidak pudar. Bukan hanya enak dipandang mata, tapi harga jualnya pun biasanya akan tetap tinggi.

Sebagai warna yang terbilang netral, mobil dengan jenis ini tentu membutuhkan perawatan yang cukup maksimal. Karena, kotoran lebih mudah terlihat dibandingkan warna lainnya. Apabila debu dan kotoran tersebut tidak segera dibersihkan bukan tidak mungkin akan meninggalkan bekas noda.

Jadi, bukan perkara yang mudah mempunyai mobil dengan kelir tersebut. Selain lebih sensitif dalam perawatan, mobil putih bisa saja menguning setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu penyebab menguningnya warna pada mobil biasanya karena kebiasaan membersihkan mobil di bawah matahari langsung atau ketika kondisi bodi kendaraan masih panas. Dengan begitu, lambat laun akan mengubah warna putih menjadi kekuningan.

Baca Juga:  Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan

“Warna putih lebih banyak kendalanya, jadi kuning. Minimal ada titik kuning. Terutama Mercedes-Benz, lebih gampang kuning,” kata Presiden Direktur Makko Group dan Top Coat Indonesia, Christoper, yang dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (5/7/2019) dari laman viva.co.id.

Cara Agar Mobil Tak Menguning

Menurut Christoper, cara mudah agar tidak berubah jadi warna kuning, yaitu bodi mobil perlu di-coating. Tapi, dengan cara alami juga bisa. Syaratnya, pemilik mobil harus lebih rajin merawatnya dan jangan parkir di luar ruangan.

Karena, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, apabila bodi mobil terpapar sinar matahari langsung biasanya akan mengakibatkan oksidasi yang akan merusak lapisan mobil, sehingga warna mobil menjadi kusam dan tidak mengilap.

Baca Juga:  Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan

Intinya, mobil Anda tidak disarankan untuk dijemur di bawah matahari. Apabila terkena air hujan maka segera dibersihkan.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Rawat Mobil Putih Agar Tetap Mengkilap

“Setelah kena hujan, langsung cuci dan keringkan. Kalau mobil parkir di luar, embun itu sifatnya jahat, pasti warna putih hancur kalau parkir di luar,” tuturnya.

Jika mobil kerap ditaruh di luar ruangan, maka warna putihnya akan berubah dalam waktu enam bulan. Selain itu, faktor penyebab lainnya, yakni polusi udara, yang dikandung oleh air hujan dan debu.

Oleh sebab itu, pemilik mobil harus pandai merawat kendaraannya agar tidak gampang kotor, kusam atau bahkan menguning.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.