oleh

Cara Cek Tombol Keyboard yang Tak Berfungsi

PortalMadura.Com – Salah satu perangkat penunjang kenyamanan mengetik entah itu di komputer maupun di laptop yaitu keyboard. Keberadaannya bisa membantu seseorang mengerjakan pekerjaan atau tugas-tugas. Dengan kata lain, tanpa adanya keyboard, tentu setiap orang akan kebingungan ketika hendak melakukan pengetikan.

Tidak heran jika banyak orang yang tidak segan untuk membeli keyboard tambahan agar merasa nyaman saat mengetik di laptop. Tapi, karena terlalu sering dipakai dengan sembarangan dan tidak dibersihkan dengan baik terkadang membuat keybord eror dan susah digunakan.

Akhirnya akan terjadi masalah seperti tidak muncul huruf ketika tombol ditekan. Biasanya, sebagian orang seringkali mencoba mengetik di Microsoft Word menggunakan keyboard tersebut. Walau terbilang efektif, ada cara lain untuk mengidentifikasi kerusakan pada keyboard. Lantas, bagaimanakah caranya?.

Dilansir Liputan6.com, yang dikuti dari forum Passmark, begini cara mengecek kerusakan pada keyboard:

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi KeyboardTest. Setelah di download dan terinstal di PC, Anda bisa langsung buka aplikasi tersebut.

Saat dibuka, akan tampil gambar keyboard virtual dan mouse di layar PC atau laptop. Setelah itu, Anda bisa mencoba menekan semua tombol di keyboard secara bergantian.

Saat ditekan, tampilan keyboard dan mouse virtual tersebut akan berubah warna. Hijau berarti tombol berfungsi sempurna, sedangkan merah menandakan tombol tidak berfungsi.

Saat memakai software ini, kemungkinan Anda akan merasa ada sedikit delay ketika menekan tombol keyboard dengan perubahan warna yang terjadi. Namun, informasi yang ditampilkan dalam aplikasi cukup mudah dimengerti.

Selain warna hijau dan merah sebagai penanda, software ini juga menampilkan warna lainnya. Seperti kuning untuk kategori tombol yang tidak bisa di tes, dan biru untuk identifikasi kesalahan pada tombol. Tanda lainnya, hijau tua untuk tombol dengan kurang penekanan. Sedangkan ungu menunjukkan tombol ditekan terlalu keras.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com

Komentar