oleh

5 Cara Mengatasi Anak yang Bersikap Galak

PortalMadura.Com – Anda mungkin pernah menghadapi kondisi bertemu dengan anak-anak yang berperilaku galak pada orang yang baru saja mereka kenal. Namun, tidak sedikit juga anak yang sudah biasa berada di lingkungannya, tetapi mereka tetap saja bersikap galak. Anak yang galak atau tidak ramah pada orang lain, pasti dia sering mendapat perlakuan serupa dari orang-orang di sekitarnya.

Orang tua merupakan sosok yang penting dalam hal perkembangan anak. Dilansir dari laman Popmama.Com, Jumat (25/6/2021) berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang galak.

Tenangkan Anak

Jika ada seorang anak yang mengeluarkan kata-kata tidak pantas dan intonasi keras terhadap orang lain, sebaiknya orang tua mengajak anak menjauh atau menghindar dari temannya. Bawa ke tempat yang tenang, kemudian tanyakan alasan anak bersikap agresif kepada orang.

Kemudian berikan penjelasan, pengarahan, bimbingan kepada anak. Katakan pada mereka bahwa berperilaku seperti itu tidak baik dan kemungkinan anak tidak disukai oleh orang.

Jalin Komunikasi

Anak sering bersikap galak kepada siapa saja, jadi sebagai orang tua perlu menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Cara tersebut bisa dimulai dengan mendengarkan apa saja yang menjadi keluhan atau kekesalan mereka. Saat mendengar keluhan anak-anak, Anda harus melakukan dengan cara pendekatan kasih sayang dan tidak terbawa emosi.

Ketika orang tua mampu menjalin komunikasi dengan baik serta bijak, maka anak-anak bisa mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan segala isi hatinya kepada orang tua. Hal tersebut akan menghilangkan sikap galak anak terhadap siapa saja.

Peluk Anak

Setiap anak pasti membutuhkan rasa aman dan nyaman untuk mendapatkan perhatian yang tepat dari orang tua. Saat anak bersikap galak terhadap seseorang, hal tersebut bisa jadi anak membutuhkan perhatian pada orang sekitarnya. Orang tua harus bisa mencari cara bijak untuk menghindari hal tersebut. Ketika anak berperilaku tidak menyenangkan, Anda harus memeluknya.

Peluk anak sesering mungkin, usap lembut kepala atau punggungnya. Katakan juga bahwa Anda sangat menyayanginya dan harus menjadi anak yang baik dengan melakukan hal-hal terpuji. Langkah tepat seperti ini akan membuat anak lebih tenang dan tidak menjadi agresif.

Beri Contoh yang Baik

Orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya dan rumah merupakan sekolah pertama bagi mereka. Sebagai guru yang baik, Anda harus mengajarkan hal-hal baik. Ucapkan kata-kata yang lemah lembut untuk anak, agar mereka mengucapkan kata-kata yang baik pula saat berbicara dengan orang lain.

Tidak hanya sekedar ucapan, Anda juga wajib menunjukkan sikap bijaksana agar anak juga melakukan sesuatu yang baik kepada siapa saja. Jadi, apabila orang tua menginginkan anak-anak bisa mengendalikan sikap galak atau agresifnya, Anda juga harus bisa mengontrol diri dengan cara tidak bersikap keras di depan mereka.

Menyeleksi Tontonan

Seiring berjalannya waktu, banyak tontonan yang tidak pantas ditayangkan di televisi. Secara tidak langsung membuat anak-anak rentan terpapar hal-hal yang mengandung unsur kekerasan. Cara untuk mencegah hal ini dengan menjauhkan anak dari televisi maupun gadget. Anda bisa mengarahkan pada buku bacaan, permainan edukatif dan interaksi sosial dengan teman sebayanya.

Tapi jika anak ingin menonton televisi, cara yang terbaik adalah menemaninya. Anda juga bisa menjelaskan sebuah tayangan yang pantas maupun tidak pantas ditonton oleh anak-anak. Kemungkinan besar sifat dan sikap anak dapat dibentuk oleh lingkungan di mana mereka dibesarkan. Hal ini yang mengharuskan peran orang tua untuk memberikan teladan yang baik sejak dini kepada anak-anaknya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar