oleh

Cara Cepat Periksa Kondisi Baterai Laptop

PortalMadura.Com – Alat elektronik banyak yang menggunakan baterai agar bsa digunakan di manapun, seperti ponsel, remot dan laptop. Pada laptop sering kali mengalami yang namanya daya baterai habis. Ini akan membuat Anda kesal karena baterai habis di saat Anda mengerjakan tugas.

Masa baterai ini memiliki masa pakai dari waktu ke waktu yang berkurang hingga akhirnya tidak akan berfungsi efisien seperti sebelumnya. Biasanya baterai bisa bertahan hingga 8 jam namun saat ini hanya bisa bertahan 3 jam. Ini tandanya baterai mengalami penurunan daya secara dratis, Anda harus tau cara mengetahui daya baterai laptop Anda.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Selasa (23/6/2020) cara memerikasa daya baterai laptop Anda.

Siklus Baterai

Sebelum Anda memeriksa baterai laptop Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu siklus baterai. Setiap Anda mengisi daya baterai laptop Anda yang baru beli dari 0 persen hingga 100 persen ini dihitung satu siklus penuh.

Semakin sering Anda melakukan pengisian daya, maka semakin tua baterai Anda dan semakin cepat mencapai batas sebelum akhirnya berfungsi normal.

Cek Baterai di Laptop Windows

Cara Cepat Periksa Kondisi Baterai Laptop
Ilustrasi (Kompas.Com)

Pertama klik tombol Start dan ketik perintah “cmd” dan untuk menjalankan program dalam administrator mode tekan secara bersamaan tombol Ctrl+Shift+Enter.

Kedua ketik kalimat powercfg /batteryreport dan tekan Enter. Tunggu hingga proses selesai.

Langkah yang kedua, buka Users\Your Username folder atau di C:\WINDOWS\system32 di laman File Explorer dan cari battery-report.html. Klik dua kali di file itu untuk membukanya.

Dilanjutnya dengan Scroll ke bawah hingga bagian Battery Information untuk melihat data Design Capacity, Full Charge Capacity, dan Cycle Count.

Terakhir terus ke bawah untuk menemukan Battery Life Estimates untuk mengetahui berapa lama laptop kamu mampu bertahan dalam sekali charge, dengan kondisi baterai saat ini.

Selamat mencoba, untuk mengetahui kondisi baterai Anda.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar