oleh

Cara Dapat Akun Instagram Centang Biru, Ini Syaratnya

PortalMadura.Com – Pernah menemui akun Instagram verified atau centang biru saat berselancar di media sosial?. Tahukah Anda, itu ternyata sebagai tanda untuk memudahkan pengguna Instagram menemukan tokoh publik, selebriti, atau brand-brand terkenal yang asli.

Sebab, di zaman yang penuh kecanggihan teknologi ini, tidak sedikit beberapa orang yang dengan mudahnya memanipulasi akun asli hanya untuk kepentingan sendiri. Jadi, dengan adanya Instagram centang biru itu, artinya akun tersebut sudah mendapat verifikasi pihak Instagram.

Selamat Ibadah Puasa

Hal ini berguna untuk mencegah akun-akun palsu yang bertebaran dan mengatasnamakan pelaku-pelaku di atas. Dengan kata lain, ini juga bertujuan menjaga keaslian akun yang sudah terverifikasi, sebab bagi publik figur ataupun brand-brand terkenal akan mudah dipalsukan dengan orang lain.

Hal tersebut juga terjadi apabila pelaku Instagramnya sudah memiliki reputasi yang tinggi di masyarakat. Dalam memilih akun yang akan diberikan centang biru, biasanya Instagram memiliki syarat-syarat tertentu. Apa syaratnya itu?.

Adapun syarat yang pertama ialah authentic. Dalam hal ini pastikan akun Instagram yang mengajukan permohonan centang biru adalah akun pribadi atau bukan akun bot. Jika hanya akun fans atau meme tidak akan mendapatkan verified.

Syarat selanjutnya pengguna Instagram harus memiliki keunikan di setiap postingan feed (makan) dan instastory. Akun Instagram harus bersifat publik, apabila akun privat maka pengajuan ini sulit untuk diterima oleh pihak Instagram.

Lalu, pengguna harus memiliki kelengkapan seperti, foto profil, bio di Instagram, dan memiliki postingan tentunya. Langkah yang terakhir merupakan Langkah subjectif dari Instagram. Sebab mereka akan melihat algoritma akun yang meminta verified (diverifikasi) seperti seberapa aktif dan seberapa sering orang mencari akun tersebut di Instagram.

Nah, ketika sudah memenuhi persyaratan tersebut, dapat mengajukan permintaan dengan cara “pergi” ke menu profil Instagram, lalu pilih garis tiga yang terletak di ujung kanan atas, dan pergi ke menu pengaturan, klik menu akun, dan pilih menu request verification.

Pihak Instagram akan menindak lanjuti permintaan tersebut dan biasanya akan mengirim pesan ke akun Instagram yang mengajukan verified. Apabila permintaan tidak disetujui pengguna bisa mendaftarkan lagi akunnya setelah 30 hari dari pemberitahuan.

Perlu Anda ketahui, centang biru itu sewaktu-waktu bisa dicabut pihak Instagram apabila melakukan tindakan mengiklankan, mengalihkan, menjual akun verified yang digunakan, menggunakan profil untuk mempromosikan layanan lain, dan melakukan pendaftaran logo melalui pihak ketiga.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Tempo.co

Komentar