oleh

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama Terkirim

PortalMadura.Com – Pernah salam kirim pesan menggunakan aplikasi WhatsApp?. Jika iya, pasti akan sedikit memalukan. Apalagi pesan yang dikirim bersifat pribadi. Tapi Anda jangan khawatir dulu, ada cara mudah mengatasinya.

Fitur ini hanya berlaku untuk pesan yang baru terkirim saja. Anda memiliki batas waktu menghapus pesan agar tidak terlihat oleh penerima, paling lama sampai 7 menit. Jika sudah melewati batas waktu tersebut, Anda sudah tidak bisa menghapus pesan lagi. Bisa, namun hanya menghilangkan untuk pengirim saja, sedangkan penerima tetap bisa melihat pesan Anda.

Loading...

Berikut langkah-langkah untuk menghapus pesan ke penerima tetapi sudah melewati batas waktu:

Matikan Koneksi Internet Terlebih Dahulu
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mematikan koneksi internet di smartphone, baik itu jaringan paket data atau Wi-Fi. Matikan juga WhatsApp dengan menutup jendela aplikasinya.

Beralih ke menu Setting pada smartphone dan ubah tanggal menjadi sebelum hari pengiriman pesan (yang ingin dihapus). Misalnya saja, ubah menjadi tanggal kemarin. Kemudian buka kembali aplikasi WhatsApp dan cari pesan yang ingin Anda hapus. Cukup lakukan penghapusan pesan seperti biasa, yaitu dengan menyentuh dan menahan pesan yang ingin dihapus, lalu pilih ikon tong sampah.

Nah, di sini WhatsApp akan kembali menampilkan opsi Delete For Everyone yang tadinya sudah menghilang apabila pesan sudah lewat dari 7 menit. Kalau sudah, kembalikan Setting tanggal smartphone ke waktu yang sebenarnya. Juga nyalakan kembali koneksi internet Anda.

Pesan Lama di WhatsApp Sudah Terhapus
Saat smartphone sudah kembali ke tanggal yang sebenarnya dan sudah tersambung ke internet, pesan WhatsApp yang dihapus dengan langkah ini akan terhapus.

Pada pesan yang sudah dihapus, WhatsApp akan menampilkan tulisan You Deleted This Message. Hal ini membuat lawan bicara yang Anda kirimi pesan baik personal chat atau grup, akan tetap mengetahui bahwa Anda telah menghapus pesan tersebut.

Ya, walaupun penerapan langkah hapus pesan ini hanya bisa dilakukan di smartphone saja, namun pesan akan tetap terhapus saat pengguna membuka chatting lewat WhatsApp Web. Perlu diketahui juga, langkah hapus pesan ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirim hingga dua hari lalu saja, dari tanggal saat ini. Lebih dari itu, sudah tidak bisa.

Baca Juga : Fitur Baru, Ini Dia Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik

Selain itu, cara ini juga hanya berlaku bagi penggunaan WhatsApp di smartphone saja. Tidak bisa digunakan untuk WhatsApp Web.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com

Komentar