oleh

Terbukti 3 Cara Hemat Bahan Bakar Mobil Saat Macet

PortalMadura.Com – Kemacetan sering terjadi di kota besar, sehingga Anda yang tinggal di kota besar akan merasakan banyak kerugian. Mulai dari rugi waktu bahkan rugi bahan bakar yang banyak menguap ke udara.

Sehingga Anda akan memilih kendaraan yang efisiensi bahan bakar untung megurangi kerugian bahan bakar. Ternyata iritnya bahan bakar bukan hanya ditentukan oleh jenis kendaraan, tapi juga di pengaruhi oleh gaya mengemudi Anda.

Berdasarkan dari laman Detik.com ada cara untuk menghemat bahan bakar saat Anda berada di kemacetan, Rabu (24/2020)

Cek Kondisi Kendaraan

Mengecek kondisi kendaraan harus dilakukan setiap hari, untuk menjaga kondisi kendaraan Anda. Pengecekan rutin yang harus Anda lakukan setiap hari adalah menghidupkan mesin untuk mendengar bunyi mesin. Jika bunyi mesin normal, maka tidak ada masalah pada mesin kendaraan Anda.

Berkendara Dengan Kecepatan Konstan

Hal yang paling membuat bahan bakar cepat habis yaitu berkendara tidak sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan. Cara mudah untuk menghemat bahan bakar dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan tertentu. Saat Anda menginjak pedal gas secara bertahan dan hindari pengereman secara mendadak.

Tepat Dalam Menggunakan Gigi

Jika mobil Anda matik maka posisikan pada tuas di ‘D’ (Drive), jika posisi mobil dalam keadaan berhenti maka posisikan tuas transmisi ke ‘N’ (Netral).

Sementara jika mobil Anda manual maka gunakan gigi satu dan dua saat berkendara di situasi stop and go.

Tekanan Angin Ban Cukup

Tekanan ban yang kurang akan membuat gesekan lebih besar, sehingga kerja mobil lebih terbebani. Jika tekanan ban dalam keadaan cukup maka bisa menghemat bahan bakar hingga 5 persen.

Rencanakan Rute Perjalanan

Pilihlah rute yang tidak terlalu padat untuk menghindari kemacetan agar Anda lebih hemat bahan bakar.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar