Cara Jitu Ajak Anak Bijak Berplastik

  • Bagikan
Cara Jitu Ajak Anak Bijak Berplastik
ilustrasi

PortalMadura.Com – Jarangnya kesadaran masyarakat mengenai betapa gentingnya persoalan sampah plastik, tentu diperlukan kerja sama dari semua pihak untuk bisa berlaku bijak berplastik, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Hal ini penting diperhatikan agar kelak mereka bisa menjadi penerus bangsa yang berguna.

Sejatinya, sedari dini memang anak-anak sudah mengetahui dan memahami tentang bijak berplastik dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dalam mengajari dan mengajak anak-anak untuk bijak berplastik sejak dini tentu bukan perkara yang mudah untuk dipraktikkan. Lantas, apa sebenarnya cara simpel tapi efektif, yang orang tua bisa lakukan untuk mengajak dan menanamkan kesadaran pada anak-anak mengenai bijak berplastik tersebut?.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Latih Anak Bersedekah Sejak Dini

Dikutip dari laman Okezone.com, Selasa (24/12/2019), menurut Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Dra.Leny Nurhayanti Rosalin, M.Sc, sebetulnya ada dua cara untuk bisa mengajak anak agar semangat dalam berperilaku bijak menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Pertama adalah dengan memberikan contoh langsung, sebab sejatinya anak-anak merupakan peniru yang ulung.

“Selain itu anak-anak harus kita tingkatkan kapasitasnya, berikan pemahaman mana yang baik mana yang enggak. Pemahaman ini ditekankan untuk kebaikan mereka sendiri, baik di jangka menengah maupun jangka panjang. Harus ajak anak sebagai aktor dan agen perubahan. Jadikan anak pelopor dan pelapor, agent of change sekaligus solusi atas isu permasalahan sosial, salah satunya isu masalah lingkungan kayak plastik ini,” pungkas Lenny.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.