oleh

Cara Jitu Cegah Air Masuk ke Busi Saat Musim Hujan

PortalMadura.Com – Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, pengendara motor harus lebih hati-hati akibat kondisi jalan yang licin karena basah dan tentu jarak pandang lebih terbatas saat intensitas hujan tinggi maupun sedang.

Tidak hanya dari segi keselamatan, pengendara juga harus memerhatikan kondisi motor saat berkendara di musim hujan atau melewati genangan air. Pasalnya, jangan sampai air masuk ke sela-sela komponen kelistrikan, terutama busi. Sebab, jika busi kemasukan air bisa menjadi penyebab utama motor mati mendadak alias mogok. Apalagi, air bisa saja masuk melalui sela-sela cop atau yang disebut sebagai cangklongan busi.

Baca Juga: Ingin Motor Anda Tak Cepat Karat pada Musim Hujan ? Begini Cara Rawatnya

Untuk itu, ada beberapa cara mudah mencegah air masuk dalam komponen kelistrikan terutama kabel koil dan cop busi, seperti dikutip Liputan6.com dari Federal oil. Cara pertama adalah menutup sambungan antara kabel koil dan cop busi dengan sealer. Karet ini bisa menutupi sela, sehingga air dapat dicegah masuk ke antara koil dan cop busi.

Selain itu, selalu perhatikan kerapatan cop busi. Hal ini menjadi salah satu penyebab air hujan mudah masuk ke dalam busi, maka pemilik kendaraan diharapkan mengecek komponen ini terlebih dahulu sebelum berkendara. Nah, supaya celah semakin sempit, pengendara juga bisa menggunakan cop busi yang memiliki bibir karet rapat. Selamat mempraktikkan!

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE