Cara Jitu Merangsang Anak Agar Cepat Bicara

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Jitu Merangsang Anak Agar Cepat Bicara
ilustrasi

PortalMadura.Com – Komunikasi merupakan salah satu aspek kecerdasan yang wajib dimiliki setiap . Melalui komunikasi inilah anak dapat memperluas kosa kata dan mengembangkan daya penerimaan juga daya ingatnya.

Sebagai orangtua, khususnya seorang ibu pasti akan merasakan kekhawatiran jika si Kecil yang tercinta mengalami keterlambatan dalam hal berkomunikasi yaitu berbicara. Agar anak cepat berbicara lakukan 4 rangsangan ini ya, Bunda.

1. Minta Pendapatnya
Ketika Anda berbicara dengan anak, berikan jeda untuk ia membalas perkataan Anda. “Ini mengajarkannya tentang ritme percakapan dan mendorongnya untuk berpartisipasi. Walaupun ia belum bisa bicara, tetapi Si Kecil bisa membalas dengan gumamannya. Jadi jangan lupa untuk merespons hal itu,” jelas Dr. Sarah Roseberry dari Washington University, seperti dikutip dari Mother&Baby UK.

2. Matikan TV
Menurut Sarah, suara bising televisi beserta gambarnya terkait dengan pendeknya waktu mengobrol anak dan orang tua, juga singkatnya waktu bermain anak. Lebih baik Anda menghabiskan waktu dengan mengobrol bersama anak.

3. Membaca Buku Bersama
Banyak hal yang bisa dipelajari dari aktivitas ini lho, Moms. “Penelitian membuktikan bahwa anak–anak belajar dengan mendengar banyak kata yang baru dan berbeda,” jelas Sarah. Selain itu Si Kecil juga belajar bagaimana mengaitkan antara objek dan kata. Dengan membaca bersama, ia belajar membuka halaman dan memegang buku. “Anak jadi belajar tentang pola membaca yang dapat berguna di masa depan,” tambah Sarah.

4. Ikuti Iramanya
Secara tidak sadar, Anda mengubah nada dan ketinggian bicara saat berhadapan dengan bayi dan anak-anak. “Kami menyebutnya sebagai infant-directed speech (IDS) untuk menjelaskan tipe berbicara dengan bayi dan balita, yaitu nada tinggi, beragam frekuensi, dan tata bahasa yang lebih mudah,” ujar Sarah. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang banyak mendengar IDS, lebih banyak bergumam dan memiliki lebih banyak kosakata ketika ia mencapai usia 24 bulan.

Itulah beberapa rangsangan yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba! (motherandbaby.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.