Cara Kirim File Ukuran Besar Lewat Email

  • Bagikan
Cara Kirim File Ukuran Besar Lewat Email
Ilustrasi (Mozaic)

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang menggunakan email untuk mengirim file, baik itu berupa dokumen atau foto. Apabila kualitasnya hanya kecil mungkin tidak jadi masalah. Tapi bagaimana jika ingin mengirimkan file berbasis audio atau video yang ukurannya lebih dari 30MB (megabyte)?.

Yang jelas layanan Gmail tidak mungkin digunakan, sebab Google sendiri memberikan batasan ukuran file yang hanya sebesar 20MB. Lantas, bagaimana solusi bila Anda ingin mengirim file berukuran besar?.

Berikut solusi yang bisa Anda gunakan:

Bagi yang belum terbiasa, Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan cloud yang tersedia di internet. Untuk keperluan tutorial ini, Anda menggunakan Google Drive yang menawarkan ruang cloud gratis sebesar 17GB. Simak langkahnya di bawah ini:

1. Buka Google Drive di laman web atau aplikasi di perangkat mobile, dan log in menggunakan akun Google Anda.

2. Upload file yang ingin Anda share dengan mengeklik tombol “New” di kiri atas laman.

3. Setelah itu, klik file yang baru saja di upload untuk memunculkan pilihan berbagi file (sebelah kiri ikon mata di kanan atas laman).

4. Bakal muncul laman baru yang dapat digunakan untuk memasukkan alamat email orang yang ingin Anda share file tersebut.

5. Jangan lupa untuk tentukan jenis akses yang ingin Anda berikan kepada orang-orang yang memiliki tautan file, seperti edit, comment atau view.

6. Jika orang ingin Anda kirimkan file tersebut memiliki akun Gmail, maka hanya perlu ketik alamat email mereka di kotak ‘People’.

7. Atau, klik “Get a shareable link”, lalu “Copy Link”, dan paste ke email.

Baca Juga: Bingung Kirim File yang Ukuran Besar ? Ini Triknya

Gimana, cara yang sangat mudah bukan?. Selamat mencoba.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.