Cara Kirim Foto dan Video di WhatsApp Ukuran Asli dan Tanpa Kompres

Avatar of PortalMadura.com
Cara-Kirim-Foto-dan-Video-di-WhatsApp-Ukuran-Asli-dan-Tanpa-Kompres
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Hampir setiap komunikasi yang terjalin di aplikasi sedikit banyaknya selain melakukan percakapan juga akan ada yang terselip foto dan video. Sebagai pengguna setianya, Anda tentu tahu bahwa saat mengirim hal yang berbentuk gambar itu akan mengurangi kualitasnya.

Sebab, aplikasi perpesanan WhatsApp ini akan melakukan proses kompres terlebih dahulu sebelum dikirim. Jadi, kualitasnya akan berkurang tidak seperti aslinya. Tapi tenang saja, dalam beberapa waktu ke depan, WhatsApp akan menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim video dengan kualitas asli.

Sebelum fitur tersebut hadir secara resmi, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirim file foto dan dengan mempertahankan kualitas aslinya. Anda Penasaran?. Berikut ini caranya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (13/7/2021) dari laman Liputan6.com:

Cara Mengirim Media Tanpa Kompres

Cara singkat ini cukup menggunakan fitur yang sudah ada, tanpa aplikasi pihak ketiga tambahan. Namun, ini tidak menggunakan cara yang biasanya digunakan untuk mengirim gambar atau video. Anda akan memanfaatkan fitur Document, alih-alih memilih Gallery.

Caranya, pada ruang obrolan, ketuk ikon paper clip di sisi bawah pada bilah kotak pesan. Kemudian, pilih menu Document. Itu akan membuka pilihan ruang penyimpanan file Anda.

Ketuk pada pilihan ‘Browse other File'. Lalu, ketuk ikon menu yang ada di sisi kiri atas. Kemudian, pilih lokasi foto atau video yang ingin Anda kirim. Setelah memilih file tersebut, ketuk ‘Send' setelah ada dialog box yang muncul. File Anda telah terkirim tanpa mengurangi kualitas aslinya.

Kirim Video Tanpa Kompres

Pada update WhatsApp yang akan datang, pengguna akan diberi pilihan saat ingin mengirim video. Mengutip Sammobile, menurut temuan dari WABetaInfo, versi WhatsApp Beta terbaru untuk Android memungkinkan pengguna mengatur kualitas video yang akan dikirimkan.

Fitur ini tampaknya akan sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengirimkan video dengan kualitas Full HD atau bahkan 8K melalui WhatsApp. Dalam temuan dari Google Play Beta Program, pada WhatsApp versi 2.21.14.6, tiga pilihan kualitas videonya sebagai berikut.

Pilihan Otomatis hingga Best Quality

Otomatis adalah opsi yang disarankan, yakni WhatsApp akan mendeteksi algoritma kompresi terbaik untuk video yang akan dikirim. Kemudian, Best Quality, untuk mengirimkan video dengan kualitas terbaik yang tersedia. Artinya, ini tidak akan mengurangi kualitas asli video tersebut.

Lalu Data Saver, pada pilihan ini WhatsApp akan melakukan kompresi terhadap file video sebelum dikirimkan. Sementara, fitur tersebut baru akan berlaku pada file video, belum diketahui kapan akan berlaku untuk file foto.

Menurut informasi, saat ini fitur ini masih dalam status pengembangan. Belum ada keterangan jelas kapan fitur ini akan mulai digulirkan ke publik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.