Masa PPKM Darurat, Pasar Hewan Tetap Buka di Bangkalan

Avatar of PortalMadura.com
Masa PPKM Darurat, Pasar Hewan Tetap Buka di Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pasar hewan di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, tetap buka seperti hari normal pada masa penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan (Disdag) Bangkalan Sutanto, Selasa (13/7/2021), menyampaikan, sampai saat ini pihak muspika tidak memberikan laporan terkait penutupan pasar hewan.

“Berarti pasar hewan terus dibuka,” katanya.

Menurutnya, penerapan PPKM dalam kendali muspika kecamatan, maka kebijakan bukan ranah Disdag. “Pasar di buka atau tidak, itu bukan kewenangan kami. Sudah di pasrahkan kepada muspika dan tokoh masyarakat setempat,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, jika muspika dan tokoh masyarakat menyarankan supaya pasar hewan ditutup, maka kegiatan pasar harus dihentikan.

“Namun sebaliknya, jika tokoh dan muspika meminta supaya pasar harus berjalan karena itu kebutuhan masyarakat, maka pasar tersebut harus dibuka,” tandasnya.

Baca Juga:  Festival 'Jaga Jaggur', Titik Awal Kebangkitan UMKM Sumenep

Disdag tidak bisa memberikan keputusan terkait pasar hewan harus dibuka atau ditutup. “Kita hanya memberikan langkah-langkah supaya kepala pasar memberikan masker kepada pengunjung pasar agar tidak melanggar prokes,” terangnya.

Selama ini, kata dia, tidak ada batasan waktu kepada pengunjung pasar maupun kepada pedagang hewan.

“Kami tidak memberikan batasan, namun saat ini pengunjung pasar banyak yang ketakutan dengan adanya Covid-19 sehingga pengunjung berkurang,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.