Cara Mengatasi Gatal-gatal di Seluruh Tubuh

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Mengatasi Gatal-gatal di Seluruh Tubuh
ilustrasi

PortalMadura.Com – Gatal-gatal pada kulit atau dalam istilah medis disebut dengan pruritus merupakan kondisi medis yang sangat umum yang dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari kondisi yang ringan hingga kondisi yang berat. Gatal pada kulit ini dapat dirasakan pada area tertentu saja atau pada seluruh tubuh.

Gatal-gatal ini seringkali dianggap sepele karena biasanya hilang jika digaruk. Padahal jika digaruk akan menimbulkan potensi luka pada kulit yang menyebabkan kuman bisa masuk ke dalam lapisan yang lebih dalam.

Untuk itu jika terjadi gatal pada kulit sebaiknya gunakan cara alami. Silakan simak artikel berikut ini.

Daun Salam
Daun salam selain bisa dijadikan untuk penyedap masakan seperti nasi liwet dan juga bisa kita jadikan sebagai obat tradisonal alternatif untuk menyembuhkan penyakit gatal. Cara menggunakannya setelah daun salam Anda cuci sampai bersih kemudian tumbuk sampai halus. Hasil tumbukan daun salam tersebut Anda oleskan terhadap kulit yang terasa gatal.

Garam Dicampur dengan Minyak Goreng
Siapkan piring kecil tuangkan minyak goreng secukupnya dan campurkan garam dapur sedikit. Aduk sampai rata kemudian oleskan campuran garam dan minyak goreng tersebut ke bagian tubuh yang terasa gatal.

Jahe
Jahe juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan rasa gatal di sekujur tubuh. Caranya ambil jahe sebanyak 30 gram lalu cuci sampai bersih. Kemudian Anda ambil juga cuka sebanyak 60 cc, gula merah dan beras putih secukupnya. Lalu bahan-bahan tersebut Anda rebus dalam 800 cc hingga air rebusan tersisa tinggal setengahnya. Tunggu sampai dingin lalu saring air rebusan jahe dan Anda minum secara teratur.

Lidah Buaya
Kandungan aloe vera yang terdapat dalam gell lidah buaya mampu untuk menghilangkan gatal di badan. Cukup Anda ambil lidah buaya dan potong menjadi dua. Lalu ambil gell lidah buaya dan oleskan terhadap badan yang terasa gatal. Memang untuk pengobatan yang sebentar tidak akan langsung terasa efeknya. Oleh karena itu lakukan hal ini sesering mungkin demi untuk proses penyembuhan lebih cepat lagi.

Kulit Pisang
Kulit pisang yang biasa kita buang ke tempat sampah ternyata mampu sebagai solusi terbaik untuk mengobati penyakit gatal. Caranya ambil kulit pisang dan tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kulit yang terasa gatal. Kemudian pijat-pijat kulit pisang secara halus dan perlahan. Tunggu reaksinya setelah Anda melakukannya secara rutin dan teratur.

Demikian artikel mengenai cara di seluruh tubuh. Semoga bermanfaat. (infomenarik.net/Diyah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.