oleh

3 Cara Mengatasi Stres saat Hadapi Masalah Keuangan

PortalMadura.Com – Ada beberapa orang yang beranggapan kalau uang tidak bisa membeli segalanya, namun segala yang ada di dunia ini membutuhkan uang. Hal itu berlaku kalau Anda merupakan orang yang bisa mengelola keuangan dengan baik. Tapi, kalau Anda tidak pandai dalam mengelola pendapatan, hal tersebut bisa menyebabkan stress akibat masalah keuangan.

Masalah pemecatan, utang piutang atau bahkan tidak bisa membayar tagihan ini, bisa menjadi sebuah masalah yang berujung depresi. Anda tidak perlu galau menghadapi masalah seperti ini. Dilansir dari laman Fimela.Com, Senin (28/9/2020) berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin membantu Anda mengatasi dan mengurangi stres karena uang.

Berpikir Cerdas Tentang Pengeluaran

Jika keuangan menyebabkan diri Anda stres, carilah hal-hal yang dapat mengurangi anggaran seperti pembelian makanan berlebihan, pembelian pakaian, atau barang-barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan.

Kuncinya adalah mengubah fokus Anda, misalnya mengidentifikasi kebiasaan belanja yang ingin diubah, Anda dapat lebih fokus pada bagaimana akan menikmati cara menabung daripada bagaimana menikmati beberapa menit kesenangan yang Anda terima.

iklan hari santri

Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Mulai sekarang, sebelum membeli barang baru, pikirkan barang tersebut benar-benar akan meningkatkan kualitas hidup atau apakah hal itu hanya akan membuat Anda merasa stres karena harus mengeluarkan uang ekstra.

Hal ini seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya lebih mudah. Strategi ini dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran berlebih.

Jual Barang yang Masih Layak Pakai

Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual barang bekas. Cobalah untuk melihat barang lama yang mungkin sudah tidak digunakan tetapi masih memiliki nilai jual. Jual barang-barang tersebut melalui website atau online.

Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk berlibur atau melakukan hal lain yang akan menciptakan kenangan positif yang akan memperkaya hidup Anda dan membantu memerangi stres. Penelitian menunjukkan bahwa kita lebih menikmati pengalaman daripada harta dan berinvestasi dalam pengalaman adalah penggunaan dana yang lebih besar.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Fimela.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.