oleh

HUT ke-7 PortalMadura.Com, “Merawat Jurnalisme Damai dan Independen”

PortalMadura.Com, SumenepMerawat Jurnalisme Damai dan Independen menjadi tema sentral Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 PortalMadura.Com di bulan Oktober 2020.

Di usianya yang masih “bau Kencur” itu, pihak manajemen tentu terus berusaha berbenah diri untuk menjadi lebih baik di bawah kendali PT. Portal Cyber MP.

Meski sebagai media daring pertama di Sumenep yang dipublikasikan sejak 1 Oktober 2013, dirasa belum sempurna untuk menjawab kebutuhan para pembacanya yang datang dari berbagai status sosial.

Namun, perjalanan waktu dari hari ke hari, bulan dan tahun, Alhamdulillah, PortalMadura.Com masih mampu bertahan tanpa harus ternodai oleh golongan atau kepentingan kelompok tertentu.

Merawat jurnalisme damai dan independen menjadi dasar utama untuk meramu fakta di tengah hantaman badai hoaks yang tersaji diberbagai media sosial.

Maka, melawan hoaks dan Cek Fakta menjadi modal para “koki” di dapur redaksi untuk mencari kebenaran yang akan disajikan dalam bentuk informasi atau pemberitaan.

Manajemen PortalMadura.Com juga menyadari, umur tidak bisa menjadi tolak ukur kedewasaan berfikir atau bertindak tanpa mau menyadari dan berbenah akan kekurangannya.

Namun, dengan cara memperingati hari kelahirannya, sejarah berdirinya PortalMadura.Com yang dibidani dua anak manusia, yakni Hartono dan Firman tidak akan terlupakan, bahwa PortalMadura.Com lahir dari depan Labeng Mesem atau pintu Keraton Sumenep.

Berkat ide dan saran serta bimbingan dari banyak pihak kala itu, akhirnya PortalMadura.Com lahir dan menjadi jembatan silaturrahmi antar warga Madura yang ada di rantau.

iklan hari santri

“Berjalan di Atas Pisau”

Ibarat seperti “berjalan di atas pisau”, jika tidak hati-hati maka kaki akan luka. Alhamdulillah, berkat ketekunan dan rasa cinta terhadap pembaca, hingga kini PortalMadura.Com tetap memegang etika dan kode etik jurnalistik dalam menyajikan berita.

Usaha berbenah pun dilakukan. PT Portal Cyber MP sudah membangun kolaborasi dengan banyak media besar di tanah air, seperti Tirto.id. Bahkan, mendapat fasilitas dari Kantor Berita Turki [Anadolu Agency] untuk mengakses berita tanah air dan dunia.

PortalMadura.Com juga tergabung di Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) yang didirikan oleh puluhan media nasional dan saat ini sudah resmi menjadi konstituen Dewan Pers.

Dan puncak kebahagian yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, PortalMadura.Com lolos verifikasi Google News Initiative (GNI) pada Program Journalism Emergency Relief Fund (JERF) yang diikuti oleh ribuan media dari 140 negara dan hanya dipilih 5.300 perusahaan media massa.

Bermodal konten high quality selama pandemi Covid-19 akhirnya mendapatkan suntikan pendanaan dari (GNI).

Keinginan untuk mengembangkan konten pun dilakukan. Dengan memanfaatkan fasilitas media sosial berupa YouTube, channel PortalMaduraTV mulai tayang. Live update menjadi pilihan menu dapur redaksi.

Terima kasih pada pembaca dan jangan pernah puas dengan sajian PortalMadura.Com agar kami bisa bangkit dan berbenah. Saran dan kritik dapat Anda salurkan melalui: redaksi@portalmadura.com / redaksiportalmadura@gmail.com.(*)

.
.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.