Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Perlu ke Dokter

Avatar of PortalMadura.com
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Perlu ke Dokter
ilustrasi

PortalMadura.Com – Wajah menjadi bagian tubuh yang paling sering mengalami jerawat. Biasanya, munculnya jerawat juga diikuti dengan timbulnya bintik-bintik seperti komedo hitam dan komedo putih.

Bintik itulah yang terkadang meninggalkan bekas luka sehingga bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Tindakan pencegahan tentunya perlu dilakukan agar hal itu tidak terjadi pada Anda.

Upaya pencegahan munculnya jerawat ini di antaranya:

1. Jaga kebersihan kulit di area yang berjerawat.
2. Bersihkan area tersebut dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah sebanyak dua kali sehari.
3. Gosok kulit dengan lembut agar tidak mengalami iritasi.

Namun jika sudah terlanjur Anda alami, Anda tidak perlu khawatir dan langsung pergi berobat ke dokter kulit. Akan tetapi, ada alternatif yang lain daripada menggunakan berbagai macam produk yang mahal dan belum tentu cocok untuk kulit Anda yaitu dengan bahan alami.

Mau tahu bagaimana cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami?. Yuk segera simak cara berikut ini:

Cara Secara Alami

Kentang
Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Caranya mudah saja, iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat. Biarkan selama 10 menit. Cuci wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Baking Soda
Baking soda banyak digunakan untuk proses pembuatan kue. Namun ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahan ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat, karena baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbonate, yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub pembersih.

Cara menggunakannya: Siapkan beberapa sendok teh baking soda dan air secukupnya, campurkan hingga mengental. Oleskan pada area bekas jerawat, dan pijit-pijit. Diamkan selama 2 menit, lalu basuh wajah dengan air hangat. Jika ingin hasil maksimal oleskan pelembab alami (minyak kelapa, atau minyak zaitun).

Mentimun
Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga mampu untuk menghidrasi kulit. Cara alami menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun yaitu : Iris tipis-tipis mentimun secukupnya. Taruh di atas kulit bekas jerawat Anda dan biarkan dulu selama 30 menit. Lalu, bilas wajah Anda dengan air dingin.

Lemon
Pada air perasan lemon terdapat kandungan Asam Alfa-hidroksi Alami (AHA) yang mampu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan lemon yaitu : Belah buah lemon menjadi 2 bagian, dan peras. Oleskan air perasan lemon pada bekas jerawat. Diamkan sampai kering. Bilas wajah dengan air bersih, lalu gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit. Lakukan perawatan ini setiap dua atau tiga hari sekali.

Lidah Buaya
Tumbuhan ini sudah tidak asing lagi khasiatnya, selain banyak digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Anda dapat menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam bekas jerawat dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan lidah buaya : Ambil daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya. Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, haluskan dulu. Lalu oleskan pada wajah Anda. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

Gula
Satu lagi cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami, gunakanlah gula sebagai scrub. Pada tebu terdapat asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang mampu untuk membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru.

Caranya : Siapkan gula dan minyak zaitun (takar dengan perbandingan 2 : 1). 5 tetes jus lemon. Campurkan semuanya hingga merata. Aplikasikan masker scrub gula dengan cara mengoleskan pada bekas jerawat. Diamkan dulu selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan pelembap alami. Lakukan setiap dua atau tiga kali sehari.

Madu
Madu bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Karena bahan alami pada madu sangat banyak manfaatnya, kandungan antibiotic nya mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat.

Caranya adalah : Siapkan madu murni, oleskan pada bekas jerawat. Biarkan hingga madu mengering. Bilas dan bersihkan dengan air hangat.

Bawang Putih
Bawang putih, selain sebagai salah satu bahan pelengkap bumbu dapur. Juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Lakukan hal ini :

Siapkan bawang putih secukupnya. Masukkan bawang putih ke dalam blender dan haluskan. Oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama 2 menit dan bilas dengan air hangat.

Es Batu
Es batu ternyata juga bisa diaplikasikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Karena sifat dingin pada es batu mampu untuk mengecilkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Caranya adalah : Ambil es batu dari dalam freezer. Oleskan es batu pada area bekas jerawat. Biarkan selama beberapa menit

Tomat
Tomat mengandung Vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit. Tomat mampu untuk mengencangkan kulit, juga bisa cepat menghilangkan bekas jerawat. Simak caranya : Siapkan buah tomat. Iris tomat tipis-tipis, tempelkan pada area bekas jerawat. Diamkan dulu selama 10 – 15 menit.

Demikianlah beberapa cara alami menghilangkan bekas jerawat yang lebih aman dan hemat bagi Anda sehingga tidak perlu pergi ke dokter. Semoga bermanfaat. (merdeka.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.