oleh

8 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami di Rumah

PortalMadura.Com – Banyak cara mengobati asam lambung, tapi yang perlu diketahui adalah naiknya asam lambung tentu sangat tidak mengenakkan. Karena biasanya Anda akan merasakan nyeri pada bagian ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam atau pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik itu disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena GERD tersebut, mulai dari obesitas, merokok, efek samping obat, konsumsi makanan dan minuman tertentu, sampai pada kelainan bawaan pada lambung.

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami di Rumah

Mengobati asam lambung tersebut tentunya tidak lepas dari usaha untuk memperbaiki pola hidupnya. Bagaimana cara mengobati asam lambung?.

  1. Menghindari makanan pemicu dan mengatur porsi makan
  2. Hindari kebiasaan yang tidak sehat
  3. Tidak memakai pakaian yang ketat di bagian perut
  4. Tidak melakukan gerakan yang mungkin menekan perut
  5. Tidur yang cukup
  6. Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi

Tapi selain cara di atas, ada cara alami yang juga mampu mengobati asam lambung, apa saja?. Berikut penjelasannya:

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

8 cara alami mengobati asam lambung

Bagi anda yang sedang mencari Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami di Rumah tanpa harus pergi ke dokter, banyak sekali cara alami dengan memanfaatkan berbagai bahan yang telah disediakan alam.

Berikut ini beberapa olahan untuk mengobati asam lambung yang bisa anda terapkan di rumah.

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti radang yang secara alami dapat mengatasi nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya. Penggunaan jahe untuk mengatasi gejala GERD atau refuks asam lambung adalah dengan mengolahnya sebagai minuman hangat. Selain jahe mentah, Anda bisa menikmati minuman jahe hangat dari produk jahe bubuk yang dijual di pasaran.

2. Licorice atau Akar Manis

Licorice atau disebut juga akar manis, dipercaya dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti nyeri ulu hati atau heartburn. Kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalam tanaman ini bisa digunakan sebagai cara mengobati asam lambung; karena diyakini dapat mengurangi pembengkakan, dan menyembuhkan peradangan atau luka dalam tubuh.

3. Marshmallow

Daun dan akar marshmallow biasa digunakan untuk mengobati sakit maag, diare, konstipasi, peradangan pada lapisan lambung, juga nyeri serta pembengkakan selaput lendir yang melapisi saluran pernapasan.

Marshmallow mengandung bahan kimia yang dapat meredakan batuk dan membantu menyembuhkan luka, dengan mengurangi peradangan dan melawan mikroba tertentu. Marshmallow juga membentuk lapisan pelindung pada kulit dan lapisan saluran pencernaan sehingga sanagt cocok untuk digunakan sebagai cara mengobati asam lambung .

4. Meminum 1/2 Gelas Lidah Buaya

“Lidah buaya bisa meredakan inflamasi di esofagus (kerongkongan) sebagaimana halnya di lambung,” papar Victor Sierpina Md. dari University of Texas Medical Branch mengenai manfaat lidah buaya saat asam lambung naik ke kerongkongan.

Dokter Sierpina merekomendasikan penderitanya untuk meminum 1/2 gelas jus lidah buaya sebelum makan untuk orang yan sering mengalami refluks asam lambung.

Efek samping yang harus diantisipasi adalah laksatifnya yang akan meningkatkan frekuensi buang air besar.

5. Pisang

Selain rasanya enak dan kaya dengan gizi, makanan ini ternyata baik untuk mengatasi asam lambung karena bisa dijadikan antasida alami.

Antasida alami ini bisa melapisi dinding perut dan saluran pencernaan sehingga lambung akan terhindar dari iritasi. Namun, tidak semua asam lambung cocok diredakan dengan mengonsumsi buah yang satu ini. Dalam beberapa kasus, pisang justru memperburuk kondisi penderita asam lambung.

6. Mentimun/Timun

Sayuran Mentimun atau timun diketahui bisa dijadikan obat mengatasi asam lambung, berikut ini cara membuat ramuan alami dari mentimun yang ampuh untuk mengatasi asam lambung:

  • Pilih mentimun yang segar.
  • Iris dengan ketebalan 1 cm.
  • Makan 2 potong mentimun setiap 2 jam sekali untuk meredakan sakit asam lambung (jumlah mentimun tergantung seberapa sakit gejala).
  • Kupas kulit dan buang bijinya agar kandungan nutrisi dan kesegarannya tetap terjaga.
  • Campur dengan bahan lain yang berkhasiat untuk meredakan sakit asam lambung seperti yoghurt, wortel, dan daun min.
  • Untuk cara lain, campur 1 cangkir yoghurt dan setengah buah mentimun parut dengan merica, bawang putih, dan merica secukupnya.

Kamu bisa menggunakan ramuan alami tersebut sebagai saus untuk salad atau roti.

7. Kacang Hijau

Kacang Hijau merupakan salah satu makanan yang dikenal sebagai salah satu cara mengobati asam lambung Secara Alami, karena bisa menebalkan lapisan lambung.

Selain itu, kacang hijau juga berkhasiat untuk menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Jika kamu ingin merasakan hasil yang maksimal, konsumsilah secara rutin dengan cara mengolahnya menjadi bubur kacang hijau.

8. Teh Chamomile

Teh chamomile sudah sering digunakan untuk meredakan nyeri perut dan ulu hati, mual, muntah, serta secara tradisional dipercaya dapat mengatasi susah tidur.

Ramuan herbal tersebut mungkin dapat menjadi cara alami dan efektif untuk mengurangi gejala GERD. Namun, perlu Anda ketahui bahwa khasiat dan efektivitas ramuan herbal tersebut belum didukung oleh penelitian dan bukti klinis yang memadai. Jadi, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakannya.

Selain dengan ramuan herbal, ada beberapa makanan yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Di antaranya adalah:

  1. Sayuran, seperti brokoli, asparagus, sayuran hijau, buncis, kembang kol, kentang, dan mentimun.
  2. Oatmeal dan roti gandum. Menu sarapan yang terbuat dari gandum utuh, ini merupakan sumber serat yang dapat menyerap asam lambung dan meredakan gejala refluks.
  3. Buah non-sitrus, seperti buah melon, pisang, apel, dan pir.
  4. Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut rendah lemak. Olah daging dengan cara dipanggang, dibakar, atau direbus.

Beragam cara mengobati asam lambung dapat dilakukan secara mandiri melalui perubahan gaya hidup. Walau tidak ada bahan alami yang dapat memperbaiki kerusakan akibat GERD, beberapa jenis ramuan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala.

Penyebab dan Gejala Asam Lambung

8 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami di Rumah

Penyebab Asam Lambung

Naiknya asam lambung menyebabkan tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES), yaitu lingkaran otot pada bagian bawah dari esophagus. LES sendiri berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan/minuman turun ke perut. Penyebab penyakit asam lambung ini biasanya terkait dengan:

  • Faktor kelebihan berat badan.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi.
  • Terlalu banyak konsumsi kopi, cokelat, minuman keras, dan merokok.
  • Keadaan hamil dengan cara perubahan hormon.
  • Banyaknya pikiran atau stres pun bisa membuat LES menjadi tak bekerja dengan baik.

Gejala Asam Lambung

Berikut ini berbagai gejala penyakit asam lambung, antara lain:

  • Rasa terbakar di dada atau nyeri bagian ulu hati.
  • Kesulitan menelan.
  • Munculnya rasa asam dan pahit di kerongkongan dan mulut.
  • Batuk kering secara terus-menerus di malam hari.
  • Sakit pada bagian dada.
  • Adanya bau tidak sedap pada napas.
  • Gigi menjadi rusak.

Demikian penjelasan mengenai cara mengobati asam lambung secara alami. Semoga bermanfaat.

Rewriter: Putri Kuzaifah
Sumber: Alodokter.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar