Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung
Ilustrasi (hellosehat.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Jantung berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Oleh karena itu, sudah sepantasnya menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusaknya.

Merawat kesehatan jantung artinya merawat kehidupan.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dari laman Halodoc.Com, Kamis (6/8/2020), berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Makan Makanan Sehat

Cara  menjaga kesehatan jantung terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama yang banyak mengandung serat. Makanan yang kaya akan serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kamu bisa mendapat asupan serta dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal. Lengkapi juga konsumsi serat dengan banyak minum air putih agar pencernaan lebih lancar.

Rutin Berolahraga

Selain mengonsumsi makanan sehat Anda juga perlu berolahraga. Salah satu 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung sehingga terhindar dari risiko penyakit jantung adalah dengan aktif secara fisik atau rutin melakukan olahraga. Di tengah kesibukan Anda sehari-hari, sempatkanlah untuk berolahraga sekitar 20–30 menit untuk setiap hari.

Berhenti Merokok

Perokok memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner. Tidak hanya perokok sendiri, orang-orang di sekitarnya yang menghirup asap rokok juga lebih berisiko mengalami penyakit tersebut.
Hal ini terjadi karena zat beracun pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, sehingga lama kelamaan aliran darah pada jantung menjadi terganggu. Akibatnya, fungsi jantung juga akan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

Kurangi Lemak Jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kolesterol di dalam darah. Kolesterol yang menumpuk berpotensi menyumbat pembuluh darah jantung. Oleh karena itu, batasi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenis ini banyak terdapat pada daging merah, kulit ayam, makanan olahan, makanan yang digoreng, margarin, serta produk susu kaya lemak.

Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Kurang istirahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung. Jadi istirahat yang cukup juga perlu dalam menjaga kesehatan jantung.

Semoga informasi 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung dapat memberikan anda masukan untuk menjaga kesehatan.Terutama bagi anda yang memiliki tingakt resiko jantung tinggi.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.