oleh

Cara Menyimpan Telur dengan Baik dan Benar

PortalMadura.Com – Telur merupakan bahan stok makanan yang mudah didapat. Itu sebabnya sebagian orang seringkali menyimpan telur dirumah sebagai persediaan bahan makanan.

Cara menyimpan telur yang baik dan benar perlu diperhatikan lagi, karena menyimpan dengan cara yang salah justru dapat merugikan yang awalnya ingin membuat stok telur tetap terjaga dalam waktu yang lama, hal ini malah akan membuatnya menjadi tidak awet dan cepat rusak.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Selasa (14/7/2020), berikut cara menyimpan telur dengan baik dan benar agar tetap awet:

Bersihkan Sebelum Disimpan

Sebelum menyimpannya, pastikan Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan telur yang akan Anda simpan sudah bebas dari kotoran-kotoran yang menempel di kulitnya. Karena, pori-pori telur yang cukup besar, sehingg mudah terkontaminasi yang berkaitan dengan isi telur dan menjadi telur mudah rusak.

Segera Simpan dengan Kartonnya

Menyimpan telur lengkap dengan kartonnya dapat mengurangi kadar air dalam telur. Sehingga melindungin rasa telur yang dari aroma makanan lain.

Jauhkan dari Bahan Makanan Lain yang Berbau Menyengat

Perlu diperhatikan saat menyimpan telur dalam kulkas adalah pastikan tidak dalam wadah yang sama dengan bahan masakan lain seperti bawang, sayuran, dan lain sebagainya. Bau yang dikeluarkan oleh bahan-bahan masakan tersebut juga dapat mengkontaminasi telur sehingga tidak segar.

Menyimpan pada Suhu Ruang

Selain menyimpan di dalam kulkas, sebenarnya meletakkan telur dalam suhu ruang juga tidak masalah. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, keringkan dan letakkan secara terpisah dengan menggunakan rak khusus atau kardus telur, serta pastikan juga bahwa posisi telur yang lebih runcing menghadap bawah. Ini dilakukan agar kantong udara yang berada di bagian tumpul tetap berada di atas, sehingga tidak menekan isi telur dan merusaknya.

Nah itulah cara menyimpan telur dengan baik dan benar agar kualitasnya tidak berubah.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar