Lakukan 2 Amalan Ini Sebelum Berangkat Kerja

  • Bagikan
Lakukan 2 Amalan Ini Sebelum Berangkat Kerja
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Bekerja merupakan ibadah dan dinilai fi sabilillah (berada di jalan Allah). Secara bahasa bekerja merupakan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sebelum Anda berangkat bekerja, sebaiknya melakukan dua amalan berikut, dilansir dari laman Muslim.okezone.com, Selasa (14/7/2020):

Berwudu

Pertama, sebelum Anda melakukan aktivitas keluar rumah sebaiknya untuk berwudu terlebih dahulu. Wudu ini disunahkan di lakukan di rumah, karena lebih mudah daripada di lakukan di masjid.

Menjaga wudu selama di luar rumah dengan tidak bersentuhan dengan yang bukan muhrim akan menjaga diri Anda dari dosa.

Salat Duha

Kedua, melaksanakan salat sunah Duha. Setelah Anda berwudu bisa dilanjutkan dengan salat sunah dua rakaat.

Banyak hadis yang mendorong Muslimin untuk melaksanakannya, di antaranya hadis dari Abu Darda Radhiallahu anhu, ia berkata:

Artinya: “Kekasihku (Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam) mewasiatkan aku untuk tidak meninggalkan tiga perkara selama aku masih hidup: puasa tiga hari di setiap bulan, Salat Dhuha, dan tidak tidur sampai aku Salat Witir.” (HR Muslim Nomor 722)

Hadis yang mirip juga diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, ia berkata:

Artinya: “Kekasihku (Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam) mewasiatkan aku tiga perkara: puasa tiga hari di setiap bulan, dua rakaat Salat Dhuha, dan Salat witir sebelum tidur.” (HR Bukhari Nomor 1178, Muslim Nomor 721)

Waktu salat duha dilaksanakan setelah terbit matahari dan tingginya kira-kira satu tombak sampai tergelincir. Paling utama dilakukan sekitar pukul 09.00. sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadis terdahulu, “Salatnya orang-orang yang bertaubat adalah ketika hari mulai panas.”

Wallahu A’lam.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.