oleh

Cara Merawat Tas Kulit Agar Tidak Mudah Berjamur

PortalMadura.Com – Tas berbahan kulit memang membuat tampilan semakin bagus. Pastinya Anda ingin memiliki tas kulit yang awet. Ketahanan sebuah tas sangat tergantung pada jenis bahannya, selain itu tergantung perawatannya.

Anda perlu mengetahui cara merawat tas kulit agar tidak mudah berjamur. Dilansir dari laman Liputan6.Com, Selasa (4/8/2020), berikut ini cara merawat tas kulit yang mudah Anda lakukan.

Cara Merawat Tas Kulit Agar Tidak Mudah Berjamur

Bersihkan Tas Seminggu Sekali

Bersihkan tas menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun cair. Usap tas menggunakan kain yang lembut agar tidak membuat lecet tekstur kulit. Cara ini hanya bisa Anda lakukan untuk membersihkan di bagian luarnya saja.

Selalu Gunakan Dust Bag

Saat membeli tas berbahan kulit, Anda akan mendapatkan dust bag. Dust bag atau tas penghalau debu ini ditujukan agar debu tidak menempel langsung pada bahan kulit tersebut. Jika Anda ingin merawat tas lebih tahan lama, selama penyimpanan selalu gunakan dust bag meskipun Anda jadi tidak bisa memamerkannya pada lemari kaca Anda. Apabila Anda tidak memiliki dust bag, Anda bisa menggunakan sarung bantal sebagai cara lain.

Jangan Sampai Terpapar Sinar Matahari Langsung

Jauhkan tas Anda dari paparan sinar matahari langsung saat menyimpannya. Sinar matahari dapat menyebabkan warna tas pudar dan membuat bahan kulit menjadi lebih rapuh. Sebaiknya, Anda simpan tas Anda pada lemari yang tidak lembap.

Jangan Sentuh Tas Saat Menggunakan Hand Cream

Banyak yang tidak menyadari akan hal ini. Sebaiknya jangan memegang tas kulit kesayangan jika Anda baru saja mengoleskan hand cream pada telapak tangan. Kandungan pelembap pada krim tangan tersebut bisa memberikan noda minyak pada tas kulit yang akan sulit hilang.

Tetap Isi Tas Anda

Tetap isi tas Anda dengan barang, meskipun sedang tidak digunakan. Anda juga bisa menggunakan kertas atau koran bekas untuk memadati tas. Hal ini akan membantu untuk mempertahankan bentuk tas agar tetap bagus. Posisi tas yang tidak terlipat juga membantu mencegah pengelupasan kulit.

Hilangkan Bau dengan Baking Powder

Penyimpanan yang tidak benar atau terlalu lama bisa memberikan efek bau pada tas kulit. Bau yang tidak sedap bisa saja mengganggu Anda yang ingin menggunakannya.

Anda tidak perlu menyemprotkan parfum karena bisa merusak bahan kulit. Cukup gunakan baking powder untuk menghilangkan bau dalam tas. Letakkan semangkuk baking powder ke dalam tas yang sudah terlindungi dust bag atau sarung bantal. Diamkan selama 24 jam dan bubuk pengembang tersebut akan menyerap bau-bau yang tidak diinginkan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE