KPU Sumenep Temukan Warga Enggan Ikut Coklit

Avatar of PortalMadura.com
Pilkada Sumenep 2020
Ilustrasi @portalmadura.com

PortalMadura.Com, Komisioner KPU Sumenep, Jawa Timur, Deki Prasetia mengaku PPDP sering menemukan warga yang enggan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk data pemilih .

Saat mendatangi rumah warga, PPDP dibenturkan atau sering dikira petugas Satgas Covid-19. Sebab, mereka menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. “Mungkin dikira petugas penanganan Covid-19,” katanya, Selasa (4/8/2020).

Pihaknya berharap, warga lebih partisipatif atas coklit yang dilakukan PPDP guna merampungkan data pemilih pada Pilkada Sumenep, 9 Desember 2020.

Menurut pria yang juga Divisi Hukum KPU Sumenep ini, PPDP bekerja ganda yakni butuh waktu untuk memberikan pemahaman pentingnya coklit bagi warga yang didatangi secara langsung ke rumah masing-masing.

Saat PPDP tetap mengalami kendala, maka pihaknya meminta agar melakukan koordinasi dengan pihak RT/RW atau aparat lainnya. “Untuk di desa, bisa koordinasi dengan kepala dusun atau kepala desa,” terangnya.

Pihaknya optimis coklit akan selesai sesuai dengan tahapan Pilkada Serentak 2020. Selama ini, komunikasi dengan berbagai pihak terus dilakukan.

“Seperti tokoh masyarakat, tokoh agama maupun pejabat publik di daerah,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.